Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Asesmen Kinerja Subtema Sikap Kepahlawanan Kelas Iv Sd 2 Getas Pejaten Kudus

AFSANTIN, SYARIFAH (2015) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Asesmen Kinerja Subtema Sikap Kepahlawanan Kelas Iv Sd 2 Getas Pejaten Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Kover_Depan.pdf - Accepted Version

Download (877kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (188kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpeningkatanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidikterhadappembelajaranSubtemaSikapKepahlawananmelalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerja. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerjamerupakansalahsatu model pembelajaran yang dapatdigunakan guru untukmenilaitigaaspekhasilbelajaryaituaspeksikap, aspekpengetahuan, danaspekketerampilanpesertadidik. Subjekpenelitianyakni guru danpesertadidikkelas IV SD 2 GetasPejaten Kudus yang berjumlah 12 orang. Jenispenelitianiniyaknipenelitiantindakankelasdenganduasiklus. Setiapsiklusterdiriatastahapperencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi.Metodepenelitianmenggunakanmetodetriangulasi data. Data keterampilan guru dan data hasilbelajarpesertadidik yang berupaaspeksikapdanaspekketerampilandikumpulkandenganinstrumenobservasi, sedangkan data hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuandikumpulkandenganinstrumentesuraian. Metodepenyusunan data menggunakanteknikanalisiskualitatifdankuantitatifyang digunakanuntukmendiskripsikanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) keterampilan guru padasiklusI memperolehrata-rata persentase 75% dengankategoribaikdanketerangancukupberhasil, padasiklus II memperolehrata-rata presentase 87,49% dengankategoriamatbaikdanketeranganberhasil; (2) hasilbelajarpesertadidikaspeksikappadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 3,06 denganpersentasekeberhasilan 79,15% dankategoritinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,55 denganpersentasekeberhasilan100% dankategorisangattinggi; (3) hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 77,08 padamuatan IPA dan 74,58 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan 75% padamuatan IPA dan58,3% padamuatanMatematikadanpadasiklus II memperoleh rata-rata klasikal84,58 padamuatan IPA dan82,08 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan100% padamuatan IPA dan75% padamuatanMatematika; (4) hasilbelajarpesertadidikaspekketerampilanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal3,16 denganprosentasekeberhasilan83,33%dankategorisangattinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,5 denganprosentasekeberhasilan100%dankategorisangattinggi. Simpulanpenelitianinimelalui model Contextual Teaching and Learning berbasisAsesmenKinerjadapatmeningkatkankualitaspembelajaranSubtemaSikapKepahlawananMuatan IPA danMatematika yangmeliputiketerampilan guru, hasilbelajarpesertadidikaspeksikap, pengetahuandanketerampilan. Saran yang dapatpenelitiajukanmodel Contextual Teaching and Learningberbasisasesmenkinerjadapatdikembangkanlebihlanjutolehsekolahdenganharapanpenggunaanasesmenkinerjamemberikankontribusipemecahanmasalahpembelajaran yang tidakhanyamenuntutpesertadidikmenghafalkanmaterinamunjugadapatmengaplikasikandalamkehidupannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, asesemenkinerja, hasilbelajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Apr 2015 07:50
Last Modified: 07 Apr 2015 07:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item