Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Asesmen Kinerja Subtema Sikap Kepahlawanan Kelas Iv Sd 2 Getas Pejaten Kudus

AFSANTIN, SYARIFAH (2015) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Asesmen Kinerja Subtema Sikap Kepahlawanan Kelas Iv Sd 2 Getas Pejaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (877kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (625kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (507kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (188kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpeningkatanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidikterhadappembelajaranSubtemaSikapKepahlawananmelalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerja. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerjamerupakansalahsatu model pembelajaran yang dapatdigunakan guru untukmenilaitigaaspekhasilbelajaryaituaspeksikap, aspekpengetahuan, danaspekketerampilanpesertadidik. Subjekpenelitianyakni guru danpesertadidikkelas IV SD 2 GetasPejaten Kudus yang berjumlah 12 orang. Jenispenelitianiniyaknipenelitiantindakankelasdenganduasiklus. Setiapsiklusterdiriatastahapperencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi.Metodepenelitianmenggunakanmetodetriangulasi data. Data keterampilan guru dan data hasilbelajarpesertadidik yang berupaaspeksikapdanaspekketerampilandikumpulkandenganinstrumenobservasi, sedangkan data hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuandikumpulkandenganinstrumentesuraian. Metodepenyusunan data menggunakanteknikanalisiskualitatifdankuantitatifyang digunakanuntukmendiskripsikanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) keterampilan guru padasiklusI memperolehrata-rata persentase 75% dengankategoribaikdanketerangancukupberhasil, padasiklus II memperolehrata-rata presentase 87,49% dengankategoriamatbaikdanketeranganberhasil; (2) hasilbelajarpesertadidikaspeksikappadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 3,06 denganpersentasekeberhasilan 79,15% dankategoritinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,55 denganpersentasekeberhasilan100% dankategorisangattinggi; (3) hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 77,08 padamuatan IPA dan 74,58 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan 75% padamuatan IPA dan58,3% padamuatanMatematikadanpadasiklus II memperoleh rata-rata klasikal84,58 padamuatan IPA dan82,08 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan100% padamuatan IPA dan75% padamuatanMatematika; (4) hasilbelajarpesertadidikaspekketerampilanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal3,16 denganprosentasekeberhasilan83,33%dankategorisangattinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,5 denganprosentasekeberhasilan100%dankategorisangattinggi. Simpulanpenelitianinimelalui model Contextual Teaching and Learning berbasisAsesmenKinerjadapatmeningkatkankualitaspembelajaranSubtemaSikapKepahlawananMuatan IPA danMatematika yangmeliputiketerampilan guru, hasilbelajarpesertadidikaspeksikap, pengetahuandanketerampilan. Saran yang dapatpenelitiajukanmodel Contextual Teaching and Learningberbasisasesmenkinerjadapatdikembangkanlebihlanjutolehsekolahdenganharapanpenggunaanasesmenkinerjamemberikankontribusipemecahanmasalahpembelajaran yang tidakhanyamenuntutpesertadidikmenghafalkanmaterinamunjugadapatmengaplikasikandalamkehidupannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning, asesemenkinerja, hasilbelajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Apr 2015 07:50
Last Modified: 07 Apr 2015 07:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item