Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Asesmen Kinerja Subtema Sikap Kepahlawanan Kelas Iv Sd 2 Getas Pejaten Kudus

AFSANTIN, SYARIFAH (2015) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Asesmen Kinerja Subtema Sikap Kepahlawanan Kelas Iv Sd 2 Getas Pejaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (857Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (196Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (610Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (400Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (495Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (999Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (184Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpeningkatanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidikterhadappembelajaranSubtemaSikapKepahlawananmelalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerja. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerjamerupakansalahsatu model pembelajaran yang dapatdigunakan guru untukmenilaitigaaspekhasilbelajaryaituaspeksikap, aspekpengetahuan, danaspekketerampilanpesertadidik. Subjekpenelitianyakni guru danpesertadidikkelas IV SD 2 GetasPejaten Kudus yang berjumlah 12 orang. Jenispenelitianiniyaknipenelitiantindakankelasdenganduasiklus. Setiapsiklusterdiriatastahapperencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi.Metodepenelitianmenggunakanmetodetriangulasi data. Data keterampilan guru dan data hasilbelajarpesertadidik yang berupaaspeksikapdanaspekketerampilandikumpulkandenganinstrumenobservasi, sedangkan data hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuandikumpulkandenganinstrumentesuraian. Metodepenyusunan data menggunakanteknikanalisiskualitatifdankuantitatifyang digunakanuntukmendiskripsikanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) keterampilan guru padasiklusI memperolehrata-rata persentase 75% dengankategoribaikdanketerangancukupberhasil, padasiklus II memperolehrata-rata presentase 87,49% dengankategoriamatbaikdanketeranganberhasil; (2) hasilbelajarpesertadidikaspeksikappadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 3,06 denganpersentasekeberhasilan 79,15% dankategoritinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,55 denganpersentasekeberhasilan100% dankategorisangattinggi; (3) hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 77,08 padamuatan IPA dan 74,58 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan 75% padamuatan IPA dan58,3% padamuatanMatematikadanpadasiklus II memperoleh rata-rata klasikal84,58 padamuatan IPA dan82,08 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan100% padamuatan IPA dan75% padamuatanMatematika; (4) hasilbelajarpesertadidikaspekketerampilanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal3,16 denganprosentasekeberhasilan83,33%dankategorisangattinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,5 denganprosentasekeberhasilan100%dankategorisangattinggi. Simpulanpenelitianinimelalui model Contextual Teaching and Learning berbasisAsesmenKinerjadapatmeningkatkankualitaspembelajaranSubtemaSikapKepahlawananMuatan IPA danMatematika yangmeliputiketerampilan guru, hasilbelajarpesertadidikaspeksikap, pengetahuandanketerampilan. Saran yang dapatpenelitiajukanmodel Contextual Teaching and Learningberbasisasesmenkinerjadapatdikembangkanlebihlanjutolehsekolahdenganharapanpenggunaanasesmenkinerjamemberikankontribusipemecahanmasalahpembelajaran yang tidakhanyamenuntutpesertadidikmenghafalkanmaterinamunjugadapatmengaplikasikandalamkehidupannya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning, asesemenkinerja, hasilbelajar
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 07 Apr 2015 14:50
                    Last Modified: 07 Apr 2015 14:51
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4422

                    Actions (login required)

                    View Item