Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Perlakuan Model Pengajaran Tidak Langsung Dan Model Kooperatif Integratif Pada Siswa Sma Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Siswa

Roysa, Mila (2014) Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Perlakuan Model Pengajaran Tidak Langsung Dan Model Kooperatif Integratif Pada Siswa Sma Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Siswa. Refleksi Edukatika, IV (2). ISSN 2087-9385

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
img026.jpg - Published Version

Download (8MB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
Hal._Depan.pdf - Published Version

Download (638kB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstrak

Kemampuan menulis cerpen siswa kelas X rendah. Rendahnya kemampuan menulis cerpen disebabkan oleh beberapa hal, antara lain kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen,guru belum melaksanakan penerapan model pembelajaran yang inovatif ketika proses pembelajaran berlangsung, dan guru kurang dalam melaksanakan pembelajaran kurang memperhatikan karakterkarakter peserta didik. Masalah yang diteliti adalah (1) apakah berbeda secara signifikan kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki tingkat kemandiria ntinggi setelah mengikuti pembelajaran dengan perlakuan model pengajaran tidak langsung dan model kooperatif integratif dan (2) apakah berbeda secara signifikankemampua nmenuliscerpensiswa yang memiliki tingkat kemandirian rendah setelah mengikuti pembelajaran dengan perlakuan model pengajaran tidak langsung dan model kooperatif integratif. Tujuanpenelitianiniadalah (1) menentukanperbedaan kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki tingkat kemandiria ntinggi setelah mengikuti pembelajaran dengan perlakuan model pengajaran tidak langsung dan modelkooperatifintegratif dan (2) menentukanperbedaankemampuanmenuliscerpensiswa yang memilikitingkatkemandirianrendahsetelahmengikutipembelajarandenganperlakuanmodelpengajarantidaklangsung dan modelkooperatifintegratif. Penelitianinitermasukjeniseksperimenquasi. Hasil penelitian inia dalahbahwa (1) model pengajaran tidak langsung cocok untuk pembelajaran kemampuan menulis cerpendilihatdarisiswa yang memilikitingkatkemandiriantinggi dan (2) modelkooperatifintegratifcocokuntukpembelajarankemampuanmenuliscerpendilihatdarisiswa yang memilikitingkatkemandirianrendah dan adainteraksi antara modelpengajarantidaklangsung dan modelkooperatifintegratif. Simpulanhasilpenelitianiniadalah (1) modelpengajarantidaklangsungcocokuntukpembelajarankemampuanmenuliscerpendilihatdarisiswa yang tingkatkemandiriantinggi dan (2) modelkooperatifintegratifcocokuntukpembelajaranmenuliscerpendilihatdarisiswa yang memilikitingkatkemandirianrendah.

Item Type: Article
Kata Kunci: model pengajaran tidak langsung dan model kooperatif integratif, tingkat kemandirian siswa, kemampuanmenuliscerpen.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2015 01:59
Last Modified: 16 Feb 2017 15:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4470

Actions (login required)

View Item View Item