Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Anak

Ahyani, Latifah Nur dan Dhania, Dhini Rama (2011) Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Anak. Jurnal Sosial dan Budaya. ISSN 1979-6889

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (90kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Published Version
Download (253kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang

Abstrak

Anak-anak tumbuh dan berkembang dalam kehidupan yang diwarnai oleh pelanggaran terhadap hak orang lain, kekerasan, pemaksaan, ketidakpedulian, kerancuan antara benar dan salah, baik dan tidak baik, perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada anak adalah dengan sosiodrama. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui metode sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan moral anak. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD. Jumlah subjek pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama yaitu masing-masing 14 anak. Rancangan penelitian ini menggunakan model The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest. Desain ini menggunakan dua kelompok yang diamati yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengukuran dilakukan dua kali dengan menggunakan instrumen pengukuran kecerdasan moral yaitu sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test). Hasil analisis dengan menggunakan uji T-Test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada tingkat pencapaian kecerdasan moral anak antara yang mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode sosiodrama dengan yang tidak mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode sosiodrama dengan p = 0,009 (p < 0,05). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tingkat pencapaian kecerdasan moral anak antara sebelum mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode sosiodrama dengan setelah mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode sosiodrama dengan p = 0,033 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan besarnya sumbangan metode sosiodrama terhadap kecerdasan moral anak adalah 30,9 %.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: kecerdasan moral, metode sosiodrama
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi terapan
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 13 Jul 2015 02:53
Last Modified: 16 Feb 2017 15:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4484

Actions (login required)

View Item View Item