Resiliensi Pada Siswa Kelas Unggulan Ditinjau Dari Inteligensi Dan Kemandirian

Nur Ahyani, Latifah dan Raharjo, Trubus (2015) Resiliensi Pada Siswa Kelas Unggulan Ditinjau Dari Inteligensi Dan Kemandirian. [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat] (Submitted)

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (104Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (13Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (94Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (11Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (70Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (6Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (68Kb)
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (98Kb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Resiliensi merupakan kemampuan untuk belajar menghadapi kesengsaraan hidup. Resiliensi dapat dimiliki oleh setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara inteligensi dan kemandirian dengan resiliensi pada siswa kelas unggulan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X, XI dan XII di SMA Negeri 2 Kudus yang merupakan program kelas unggulan. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi, skala kemandirian dan tes inteligensi CFIT Skala 3. Analisis data dengan menggunakan tehnik korelasi regresi ganda dan tehnik korelasi parsial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi dari ketiga variabel rx12y sebesar 0,514 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) ini berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara inteligensi dan kemandirian dengan resiliensi pada siswa kelas unggulan, dengan demikian hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Besarnya koefisien antara kedua variabel rx1y sebesar 0,111 dengan p sebesar 0,070 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara varibel inteligensi dengan resiliensi, dengan demikian hipotesis minor pertama yang diajukan dalam penelitian ini ditolak. Selain itu, berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa besarnya koefisien antara kedua variabel rx2y sebesar 0,513 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara varibel kemandirian dengan resiliensi, dengan demikian hipotesis minor kedua yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Besarnya pengaruh inteligensi dan kemandirian terhadap resiliensi tampak pada sumbangan efektif sebesar 26,4 %. Meskipun sumbangan efektif yang diberikan tidak terlalu besar, namun hal ini cukup penting untuk diperhatikan.

                  Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
                  Uncontrolled Keywords: resiliensi, inteligensi, kemandirian
                  Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
                  Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
                  Depositing User: pustakawan umk
                  Tanggal Deposit: 30 Jul 2015 15:12
                  Last Modified: 30 Jul 2015 15:12
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4489

                  Actions (login required)

                  View Item