Pemanfaatan Internet Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Kelas Xi Ips 6 Sma 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014

AHMAD ALGHIFARI, BAHARUDDIN (2015) Pemanfaatan Internet Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Kelas Xi Ips 6 Sma 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (5Mb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (3984Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (3984Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (3984Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (4003Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (3943Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (3984Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (149Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3985Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang diketahui sebelumnya siswa kelas XI IPS 6 SMA 1 Mejobo Kudus kurang tahu mengenai pemanfaatan internet dalam menambah wawasan sekaligus metode belajar yang baik, dengan internet siswa dapat mengetahui materi pembelajaran yang lebih lengkap dan lebih menarik. Peneliti melihat kurangnya pengetahuan siswa tentang penggunaan media internet umtuk belajar, wawasan tentang mapel kurang, kurangnya minat siswa terhadap pemanfaatan internet dalam meningkatkan prestasi belajar, siswa lemah dalam menerima materi pembelajaran dikelas, kurangnya motivasi belajar, siswa kesulitah mendapat tambahan maetri belajar. Apabila hal ini dibiarkan maka menghambat prestasi belajar siswa sehingga prestasi siswa tidak berkembang secara optimal, oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar. Permasalahan yang diteliti : 1. Bagaimana langkah atau tindakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas XI SMA 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014? 2. Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas XI SMA 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian: 1. Mengetahu langkah atau tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan pemanfaatan internet pada siswa kelas XI IPS 6 SMA 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2013/2014. 2. Diperolehnya peningkatan prestasi belajar siswa dengan pemanfaatan internet melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa XI IPS 6 SMA 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014. Hipotesis tindakan ini adalah: 1. Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas XI SMA 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014, 2. Dengan pemanfaatan internet dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa pada kelas XI SMA 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI IPS 6 SMA 1 Mejobo, yang prestasi belajarnya masih rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan bimbingan kelompok (variable bebas) dan prestasi belajar (variable terikat). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilaksanakan dengan 2x pertemuan, dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi terhadap konselor menunjukan 8 siswa belum bisa memanfaatkan internet dalam meningkatkan prestasi belajar dengan rata-rata 21,65% (K). Setelah diberi layanan penguasaan konten pada siklus I mendapatkan hasil rata-rata 29.35% (K), terjadi peningkatan sebesar 7.7% jika dibandingkan dengan pra layanan yang mendapatkan hasil rata-rata sebesar 21.65%. Pada siklus II mendapatkan hasil rata-rata 78,74% (B), terjadi peningkatan sebesar 49,4% jika dibandingkan dengan siklus I yang mendapatkan hasil rata-rata sebesar 29.35%. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 6 SMA Negeri 1 Mejobo kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik, 2. Konselor, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan prestasi belajar dengan pemanfaatan internet secara intensif dan pemberian layanan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal, 3. Siswa, Diharapkan siswa memiliki kreatifitas dalam pemanfaatan internet, dan lebih berkreasi dalam berprestasi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Susili Rahardjo, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Pemanfaatan Internet; Bimbingan Kelompok
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Aug 2015 13:20
                    Last Modified: 10 Aug 2015 13:20
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4523

                    Actions (login required)

                    View Item