Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas III SDN 01 Lau Dawe Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Ulfa, Ana (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas III SDN 01 Lau Dawe Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (329kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (101kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
ppt.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstrak

Matematika adalah salah satu ilmu yang sangat penting dalam dan untuk hidup manusia, dan matematika merupakan pelajaran yang penting diberikan sejak dini karena peranannya dalam kehidupan manusia. Dari hasil wawancara peneliti dengan wali kelas kelas III bahwa banyak dari siswa kelas III SDN 01 Lau Dawe merasa kalau pelajaran yang menghitung itu sulit dan harus mengahafalkan banyak rumus-rumus. Alasan peneliti memberikan layanan ini adalah agar siswa kelas III dapat memahami dan menyukai pelajaran matematika yang selama ini dianggap sulit. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Apakah melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 01 Lau Dawe Kudus? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan layanan penguasaan konten kelas III SDN 01 Lau Dawe Kudus. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang ada sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling. Dan manfaat praktis penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi 1. Guru:. Guru mendapatkan wacana baru dalam mengelola pembelajaran dikelas, sehingga kompetensinya dapat meningkat. 2. Bagi Siswa: Siswa dapat mendapatkan nilai minimal sesuai KKM, siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat meningkatkan prestasi belajarnya terutama mata pelajaran matematika. Landasan Teorinya adalah Prestasi belajar dan layanan penguasaan konten. Hipotesis tindakan yang diajukan: dengan penerapan layanan penguasaan konten dalam KBM, prestasi belajar matematika siswa meningkat. Metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) diharapkan dapat memperbaiki pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 01 Lau Dawe Kudus Tahun Pelajaran 20011/ 2012 yang berjumlah 24 anak, melalui layanan penguasaan konten Penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes formatif. Analisis data pada penelitian ini dengan pengamatan. Hasil penelitian ini ini meliputi: Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas peneliti hasilnya sudah baik. Pada aktivitas peneliti indikator high-touch di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 43,79%(K), sedangkan pada indikator high-tech di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 39%(K). Pada siklus II aktivitas peneliti indikator high-touch memperoleh hasil rata-rata 64,28%(C) ada peningkatan sebesar 20,49%. Sedangkan pada indikator high-tech di siklus II ini memperoleh hasil rata-rata 67%(C) terjadi peningkatan sebesar 28%. Berdasarkan Observasi aktivitas belajar siswa kelas III SDN 01 Lau Dawe dari siklus I pertemuan pertama di peroleh data tentang aktivitas siswa yang mendapat persentase 34,54%(K), dan pada pertemuan kedua persentase yang diperoleh adalah 44,4%(K). Setelah di berikan layanan pada siklus II terdapat perubahan pada siswa, pada pertemuan pertama persentase observasi aktivitas siswa adalah 57,16%(C), dan pertemuan kedua persentase yang diperolah adalah73,74%(B). Dan dari hasil tes formatif pada siklus I siswa yang mendapat kategori tuntas atau mendapatkan nilai diatas KKM terdapat 11 siswa dan yang belum tuntas ada 13 siswa. Sedangkan pada siklus II ini siswa yang mendapatkan kategori tuntas atau mendapatkan nilai diatas KKM ada 20 siswa dan siswa yang belum tuntas ada 4 siswa. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa melalui layanan penguasaan konten prestasi belajar matematika dapat meningkat. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada 1). kepala sekolah, Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK kepada seluruh siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. 2) Guru Kelas, diharapkan agar guru kelas dapat mencontoh peneliti dalam memberikan layanan bimbingan konseling terutama layanan layanan penguasaan konten. 3) Siswa, diharapkan siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran terutama pelajaran matematika agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan. 4). Konselor, Konselor diharapkan bisa menerapkan layanan penguasaan konten dalam pembelajaran di sekolah sehingga konselor dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran dan siswa dapat belajar dengan maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sukiman, M.Pd; Pembimbing II: Drs Sucipto, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Prestasi belajar matematika; layanan penguasaan konten
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2012 05:00
Last Modified: 05 Nov 2012 05:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item