The Use Of Classroom Survey Technique To Improve The Fifth Grade Students’ Vocabulary Mastery Of Sd N 05 Sukosono Kedung Jepara In The Academic Year 2014/2015

WAFIROH, SITI (2015) The Use Of Classroom Survey Technique To Improve The Fifth Grade Students’ Vocabulary Mastery Of Sd N 05 Sukosono Kedung Jepara In The Academic Year 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (309Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (63Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (246Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (197Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (5Mb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (84Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (24Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (27Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2768Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Mengajar Bahasa Inggris di sekolah dasar adalah mengenalkan dasar atau Bahasa Inggris sederhana. Sehingga, hasil belajar bahasa inggris siswa berpusat kepada penguasaan kosakata. Sayangnya, beberapa siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara mempunyai keterbatasan penguasaan kosakata. Mereka kesulitan untuk memahami dan menghafal arti dari setiap kata. Selain itu, mereka mudah bosan saat proses belajar dan mengajar berlangsung. Teknik Classroom Survey adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Teknik ini dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan mengatasi kebosanan mereka di kelas. Mereka dapat belajar kosakata Bahasa Inggris dengan senang dan gembira. Oleh karena itu, saya menggunakan teknik Classroom Survey untuk tujuan meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik Classroom Survey dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di kelas lima SD N 05 Syukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015 dan untuk mendiskripsikan respon siswa terhadap penggunaan Teknik Classroom Survey dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Saya menggunakan tiga instrumen penelitian. Yaitu lembar observasi, kuesioner dan tes penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap siklus. Pertama, penerapan teknik Classroom Survey menjadikan siswa lebih tertarik untuk belajar kosakata Bahasa Inggris. Pada siklus 1, mereka tidak menikmati berbagai kegiatan di dalam kelas. Sedangkan pada siklus 2, mereka menjadi antusias untuk mengikuti berbagai kegiatan tersebut. Kedua, kemampuan penguasaan kosakata siswa telah meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil dari tes pra-siklus, nilai rata-rata siswa adalah 59.33 dan dikategorikan cukup. Nilai siswa meningkat pada siklus 1, nilai rata-rata siswa adalah 73.33 and dikategorikan baik. Terakhir di siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 88 dan dikategorikan sangat baik. Ketiga, respon siswa terhadap penerapan teknik Classroom Survey menjadi lebih baik di setiap siklus. Pada siklus 2, siswa menunjukan respon yang lebih baik jika dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Siswa menjadi lebih berpartisipasi dan menikmati belajar kosakata Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Teknik Classroom Survey dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di kelas lima SD N 05 Sukosono Kedung Jepara pada tahun ajaran 2014/2015. Oleh karena itu, teknik ini dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris maupun peneliti lain untuk mengajar penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Dra. Sri endang Kusmaryati, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Teknik Classroom Survey
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Aug 2015 11:01
                    Last Modified: 11 Aug 2015 11:01
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4548

                    Actions (login required)

                    View Item