Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Santoso, Sabar (2012) Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._judul,_Moto,_Persetujuan,_Pengesahan.pdf - Accepted Version

Download (403kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran] Other (Lampiran)
Lampiran.rar - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
Presentasi_Skripsi.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy

Abstrak

Seorang dilahirkan dalam keadaan belum sempurna, baik kondisi fisik, mental maupun emosional. Diketahui sebelumnya siswa kelas VII A SMP N 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2011/2012 mengalami persoalan kurangnya penyesuaian diri secara baik dengan lingkungan barunya, ini dikarenakan kebanyakan mereka masih berumur 12-13 tahun dan usia tersebut merupakan fase awal remaja yang belum mampu melakukan tindakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan pribadi, belum adanya kebiasaan dan keterampilan dalam pemenuhan kebutuhan mendesak, belum mampu menerima dirinya secara apa adanya, di samping diketahui masih banyak siswa yang masih mementingkan dirinya sendiri. Pada kondisi awal siswa peneliti melakukan wawancara dengan guru pembimbing sekaligus wali kelas VII A SMP N Gebog Kudus, berdasarkan hasil wawancara ditemukan 8 dari 32 siswa yang mempunyai penyesuaian diri yang rendah, kemudian peneliti melakukan observasi pada 8 siswa tersebut. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII A SMP N 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2011/2012?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII A SMP N 2 Gebog Kudus melalui layanan bimbingan kelompok yang pada kondisi awal rendah, agar menjadi baik. Adapun kegunaan penelitian ini adalah : Kegunaan Teoritis: Hasil penelitian ini dapat lebih memperluas ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan kelompok sebagai acuan untuk penelitian yang lebih luas lagi. Serta untuk menambah khasanah pustaka pendidikan dan sebagai sumber informasi. Kegunaan Praktis: 1. Bagi sekolah: Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi guru bidang studi, wali kelas, konselor kepala sekolah dan petugas lain, dalam rangka membantu siswa meningkatkan kemampuan beradaptasi siswa dengan lingkungan sekolah, sesama teman, dan anggota masyarakat. 2. Bagi orang tua: Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi orang tua untuk selalu memperhatikan anak-anaknya terutama yang telah memasuki usia remaja dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sehingga dapat beradaptasi terhadap lingkungan sekolah, teman sebaya maupun masyarakat dengan baik. 3. Bagi Konselor: Dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan dan pembinaan remaja yang berguna untuk penelitian selamanya, dan sebagai bahan masukan dalam rangka pengembangan bimbingan dan konseling. 4. Bagi Siswa: Sebagai acuan terhadap siswa dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan sekolah, teman sebaya dan masyarakat. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa Kelas VII A SMP N 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012 yang memiliki penyesuaian diri rendah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan penyesuaian diri (Variabel terikat). Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas membahas 3 materi setiap siklusnya dengan alokasi waktu 40 menit per pertemuan. Sedangkan analisis data secara deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi pada tiap siklus. Hasil analisis: Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa kelas VII A SMP N 2 Gebog Kudus, pada kondisi awal ada 8 siswa yang penyesuaian dirinya dalam kategori rendah. Pra layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dengan rata-rata 23.3% (Sangat Kurang), layanan bimbingan kelompok pada siklus I diperoleh hasil observasi indikator keberhasilan penyesuaian diri siswa dengan rata-rata 44.9% (kurang), dari hasil pra layanan bimbingan kelompok sampai siklus I ada peningkatan (21.6%). Dan hasil observasi indikator keberhasilan penyesuaian diri siswa pada siklus II dengan rata-rata 67.1% (baik), dari hasil layanan bimbingan kelompok siklus I sampai siklus II ada peningkatan (22.2%). Kesimpulan: berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII A SMP N 2 Gebog Kudus ada peningkatan positif, siswa yang semula penyesuaian diri rendah meningkat menjadi baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah: Kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas guru BK, seperti ruang BK yang layak agar program BK dapat terlaksana dengan baik, khususnya dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. 2. Bagi Konselor: Hendaknya konselor dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk penyesuaian diri siswa dan memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok sebagai tempat untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa secara positif. 3. Siswa: Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu mereka dalam memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami oleh siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Sukiman, M.Pd. Dosen Pembimbing II Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok; Penyesuaian Diri.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi kepribadian
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2012 05:15
Last Modified: 05 Nov 2012 05:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item