Readability Comparison Between Original And Simplified Version Of Novel Of David Copperfield By Charles Dickens

HANIF, MUHAMMAD (2015) Readability Comparison Between Original And Simplified Version Of Novel Of David Copperfield By Charles Dickens. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (686Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (254Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (493Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (290Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (420Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (275Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (201Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (253Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Pada saat ini banyak para penulis dan penerbit menciptakan karangan yang berbentuk ringkasan (baik berupa buku, novel, koran dsb) untuk menarik lebih banyak konsumen serta membantupembaca untuk lebih mudah memahami isinya. Akan tetapi tidak semua ringkasan mampu menyentuh tingkat keterbacaan yang tepat dari target pembacanya. Keterbacaan merupakan ukuran tingkat pemahaman terhadap bacaaan. Keterbacaan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan membaca sehingga seluruh pembaca harus memperhatikan faktor tersebutt Penelitianinibertujuanuntukmengukur,dan menganalisaserta membandingkantingkatketerbacaandariversiaslidanversiringkasandari novel David Copperfield karangan CharlesDickens.Cakupanpenelitianinidifokuskanpadaanalisatingkatketerbacaandari10paragrafpilihandarikedua noveltersebutdenganmenggunakan formulaFlesch Reading Ease dan formula GunningFOG.Kemudian,dalampenelitianinipenulismenggunakanmetodeanalisisdiskriptifyang bertujuanmendeskripsikanperbedaantingkatketerbacaanantaradua novel tersebut.Datadalampenelitianiniberupanilaiketerbacaan yang diperolehdariperhitungan formula keterbacaan.Penulismenggunakan formulaFlesch Reading EasedanGunning FOGsebagaiinstrumenuntukmenentukannilaiketerbacaandarimasing-masing novel tersebut. Hasil penelitian ini menujukan bahwa berdasarkan formula Flesch Reading Ease novel versi asli tergolong cukup sulit dan versi ringkasanya tergolong cukup mudah. Kemudian berdasarkan formula Gunning FOG novel versi asli tersebut tergolong sulit sedangkan versi ringkasanya tergolong cukup mudah. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) novel versi asli tersebut termasuk kategori tingkatan sulit, (2) novel versi ringkasanya termasuk kategori tingkatan cukup mudah, dan (3) kedua novel tersebut memiliki tingkat keterbacaan yang berbeda dimana versi ringkasan dari novel tersebut lebih mudah terbaca dibandingkan versi aslinya. Sehingga penulis menyarankan kepada semua pembaca, peneliti dan pelajar untuk lebih memperhatikan aspek keterbacaan dari semua sumber bacaan yang mereka punyai dan lebih memperkaya baham bacaan mereka agar menjadi pembaca yang kritis.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Muh. Syafei, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Keterbacaan, Novel VersiAsli, Novel VersiRingkasan
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Aug 2015 11:45
                    Last Modified: 11 Aug 2015 11:45
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4557

                    Actions (login required)

                    View Item