Listen And Color: An Activity To Teach Listening Skill Of Fifth Graders Of Sd 3 Bakalan Krapyak Kudus In Academic Year 2014/2015

SANIYAH, MU’AWANATUS (2015) Listen And Color: An Activity To Teach Listening Skill Of Fifth Graders Of Sd 3 Bakalan Krapyak Kudus In Academic Year 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (622Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (302Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (472Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (336Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (358Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (340Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (193Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (127Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Bahasa inggris yang dipelajari di sekolah dasar termasuk ke dalam pembelajaran English untuk pembelajar muda karena usia mereka 6-12 tahun. Ada sedikit perbedaan untuk mengajar bahasa Inggris untuk pembelajar muda. Di SD 3 Bakalan Krapyak, pembelajaran bahasa Inggris masih menggunakan metode ceramah. Kondisi ini membuat siswa kurang latihan khususnya dalam keterampilan mendengarkan. Hal ini berdampak pada kemampuan berbahasa mereka khususnya keterampilan mendengarkan, dikarenakan mendengarkan adalah kecakapan penerimaan dan komunikasi. Ada beberapa teknik yang dapat digunakna untuk mengajar keterampilan mendengarkan, salah satunya aktifitas dengar dan warnai. Dengar dan warnai adalah aktifitas baru untuk mengajar keterampilan mendengar bagi siswa sekolah dasar. Aktifitas dengar dan warnai dapat diaplikasikan pada semua tema di tingkat sekolah dasar. Guru dapat memodifikasi aktifitas dengar dan warnai dengan media lain seperti cerita, lagu dan puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antar keterampilan mendengarkan siswa kelas V SD 3 Bakalan Krapyak pada tahun ajaran 2014/2015 setelah diajar menggunakan aktvitas dengar dan warnai. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan satu kelompok. Populasi dari pnelitian ini adalah kelas V SD 3 Bakalan Krapyak pada tahun ajaran 2014/2015 pada semester genap dan jumlah siswa 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 76, standar deviasi sebesar 8.35, dari nilai rata-rata dapat dikategorikan “baik”. nilai rata-rata posttest sebesar 90.5 dan standar deviasi 9.08, jadi dapatdikategorikan “unggul”. Hasil penelitian menunjukkan hitungan t-tes dengan derajat kebebasan 9 dan tingkat signifikansi sebesar 0.05(5%), hasil t diperoleh 3.783, lebih tinggi dari tabel t (tabel t=2.262). Hasil ini membuat hipotesis alternative diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan mendengarkan siswa SD 3 Bakalan Krapyak pada tahun ajaran 2014/2015 antara sebelum dan sesudah diajar menggunakan aktifitas dengar dan warnai. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran, guru harus menyelidiki lebih banyak tentang aktifitas dengar dan warnai dengan menyediakan variasi tema, media dan intruksi. Guru juga harus lebih sering menggunakan aktivitas dengar dan warnai untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam aktifitas mendengarkan.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Diah Kurniati, S.Pd, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris untuk anak-anak, aktifitas dengar dan warnai, keterampilan mendengarkan.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Aug 2015 12:52
                    Last Modified: 11 Aug 2015 12:52
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4561

                    Actions (login required)

                    View Item