Meningkatkan Etika Siswa Terhadap Guru Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Pada Siswa Sma 1 Mejobo

SHOFIYANA QORI, ANA (2015) Meningkatkan Etika Siswa Terhadap Guru Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Pada Siswa Sma 1 Mejobo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (557Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (278Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (318Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (476Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1107Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (234Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (196Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (203Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam melakukan layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contractdalam meningkatkan etika siswa terhadap guru pada siswa X 5 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 dan memperoleh peningkatan etika siswa terhadap guru melalui layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract pada siswa kelas X 5 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Etika siswa terhadap guru merupakan aturan atau norma perilaku atau kebiasaan yang baik siswa kepada guru dalam pergaulan sehari-hari. Konseling kelompok merupakan suatu pemberian bantuan dengan memanfaatkan dinamika kelompok dengan konselor sebagai pemimpin kelompok dan konseli sebagai anggota kelompok. Teknik behavioral contractadalahsuatu kesepakatan bersama antara klien dan konselor mengenai tingakah laku yang akan diubah dalam bentuk kesediaan klien melakukan sesuatu tingkah laku yang sesuai dengan apa yang telah disepakati. Hipotesis penelitian ini adalah 1. Peneliti mampu meningkatkan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract untuk meningkatkan etika siswa terhadap guru pada siswa X 5 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2.Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavioral Contract dapat Meningkatkan Etika Siswa terhadap Guru yaituSiswa Kelas X 5 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X 5 SMA 1 Mejobo, sebanyak 10 siswa yang kurang mempunyai etika siswa terhadap guru. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu topik dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Etika Siswa Terhadap Guru menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata skor 20,5. Siklus I Etika Siswa Terhadap Guru mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 27,5 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 7 dari pra siklus. Siklus II Etika Siswa Terhadap Guru mengalami peningkatan dalam kategori baik dengan rata-rata skor 37,8 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 10,3 dari siklus I. Peningkatan aktifitas siswa dalam layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 55,7 dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 76,5 dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan etika siswa terhadap guru mulai dari pra siklus skor rata-rata 20,5 kategori kurang, siklus I skor rata-rata 27,5 dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 37,8 dalam kategori baik. Hasil penelitian aktifitas siswa pada siklus I skor rata-rata 55,7 (cukup) dan pada siklus II skor rata-rata 76,5 (Baik). Dengan demikian layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract dapat meningkatkan etika siswa terhadap guru. disarankan kepada Kepada: 1. Kepala Sekolah, Diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract agar layanan bimbingan dan konseling berjalan lancar. 2. Konselor Sekolah, agar dapat memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract untuk meningkatkan etika siswa terhadap guru, sehingga nantinya siswa dalam beretika terhadap guru dapatmencapaihasil yang optimal. 3. Kepada Siswa, agar setelah mendapat layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract siswa akan mendapat manfaat yang baik dalam kehidupan sehari-harinya khususnya yang berkaitan etika siswa terhadap guru, sehingga siswa dalam beretika terhadap guru mampu mencapai hasil yang optimal.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, MM.
                    Uncontrolled Keywords: Etika Siswa terhadap Guru, Konseling Kelompok dengan Teknik Behavioral Contract
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Aug 2015 09:35
                    Last Modified: 12 Aug 2015 09:35
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4568

                    Actions (login required)

                    View Item