Upaya Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xi Sma Pgri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

KHASANAH, USWATUN (2015) Upaya Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xi Sma Pgri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (372Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (182Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (307Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (660Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (828Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (200Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (103Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (157Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3300Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk 1.Mendiskripsikan aktivitas peneliti saat memberikan Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik Simulasi Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 2.Mendiskripsikan aktivitas siswa setelah diberikannya Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik Simulasi Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, dan 3.Mendiskripsikan peningkatan Sikap Sosial Siswa setelah diberi Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan peningkatan sikap sosial siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan sosial siswa. Sikap sosial adalah kesadaran dari dalam diri individu yang mempengaruhi terhadap lingkungan sosial. Layanan penguasaan konten yaitu layanan untuk menguasai kemampuan tertentu melalui belajar. Teknik Simulasi adalah teknik untuk merepresentasikan atau meniru kondisi real. Berdasarkan kajian pustaka di atas, hipotesis tindakan yang dirumuskan peneliti adalah “Adanya peningkatan Sikap Sosial Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini di desain dengan menggunakan penelitian PTBK kualitatif dengan jumlah subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa 36 siswa, terdiri dari siswa perempuan 12 dan 24 siswa laki-laki Kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan Variabel penelitian dalam penelitian ini mencakup 2 variabel, yaitu Variabel bebas dalam penilaian ini adalah Layanan Penguasan Konten dengan Teknik Simulasi. Variabel terikat dalam penilaian ini adalah Sikap Sosial. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru BK dan observasi dilakukan secara langsung bersama guru BK. Berdasarkan pra siklus dilaksanakan penelitian hasil pra siklus mendapat hasil Rata-Rata Skor 19,14% (K), pada Siklus I pertemuan pertama rata-rata 25,17 dalam kategori kurang (K), Siklus I pertemuan dua rata-rata 32,5 dalam kategori cukup (C), dan hasil dari Siklus I pertemuan ketiga rata-rata 33,89 dalam kategori cukup (C). Sedangkan pada siklus II selalu mengalami kenaikan dari pertemuan I-pertemuan III yang awalnya pada Siklus II pertemuan pertama rata-rata 35,83 dalam kategori baik (B), Siklus II pertemuan dua rata-rata 39,28 dalam kategori baik (B) dan Siklus II pertemuan ketiga rata-rata 40,47 dalam kategori baik (B). Dari hasil tersebut bisa dilihat adanya peningkatan dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian layanan penguasan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan sikap sosial siswa. Hipotesis yang berbunyi: “Peningkatan Sikap Sosial Siswa Melalui Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” dapat diterima sesuai indikator keberhasilan. Berdasarkan tema penelitian, peneliti dapat memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, 3) Bagi Siswa, 4) Bagi Orang Tua, dan 5) Bagi Peneliti Berikutnya. Diharapkan mampu untuk mengembangkan dan menerapkan penguasan konten dengan teknik simulasi penanganan permasalahan yang sejalan dengan permasalahan topik yang sama.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Sucipto,M.Pd, Kons
                    Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Aug 2015 10:23
                    Last Modified: 12 Aug 2015 10:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4571

                    Actions (login required)

                    View Item