Penerapan Pendekatan Behavioristik Teknik Self Management Untuk Mengatasi Rendahnya Self Efficacy Dalam Menentukan Karier Siswa Kelas X Sma N 1 Kayen Tahun 2014/2015

NARI RATIH, SONIA (2015) Penerapan Pendekatan Behavioristik Teknik Self Management Untuk Mengatasi Rendahnya Self Efficacy Dalam Menentukan Karier Siswa Kelas X Sma N 1 Kayen Tahun 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (989Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (183Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (433Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (403Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (427Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (184Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (112Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (148Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya self efficacy dalam menentukan karir siswa kelas X SMA N 1 Kayen Tahun 2014/2015. (2) Untuk memberikan bantuan dalam mengatasi rendahnya self efficacy dalam menentukan karir siswa kelas X SMA N 1 Kayen Tahun 2014/2015 dengan menggunakan konseling behavioristik teknik self management. Self efficacy (efikasi diri) merupakan bagian dari kepribadian manusia yang berorientasikan pada masa depan untuk mengerjakan tugas tertentu. Efikasi diri lebih menekankan pada keyakinan individu atas kemampuan yang dimilikinya untuk mengatasi, mengendalikan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi khusunya dalam menentukan karir.Konseling behavioristik merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk membantu konseli dalam menyelesaikan permasalahannya yang lebih menekankan pada perubahan tingkahlaku yang salahsuai menjadi perilaku yang sesuai oleh konseli. Self management adalah salah satu teknik dalam pendekatan behavioritik yang bertujuan dapat menguasai dan mengelola perilaku mereka sendiri, dengan pengelolaan pikiran, perasaan dan perbuatan akan mendorong pada pengurangan terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan yang baik dan benar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelas X SMA 1 Kayen Pati dengan subjek penelitian tiga orang siswa yang mempunyai tingkat self efficacy (efikasi diri) yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan home visite. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa yang menjadi faktor penyebab siswa memiliki efikasi diri yang rendah terhadap kariernya sebagai berikut: konseli I (AAA) memiliki efikasi diri yang rendah karena keadaan fisiologis dan emosional (physiological and emosional around) yang tidak bisa diatur dan dikendalikan oleh konseli dan kesuksesan serta kegagalan dalam kelompok yang membuat konseli merasa trauma atau takut mengalami hal yang pernah dialaminya dan teman-teman yang mempengaruhinya juga. Konseli II (FSA) memiliki efikasi diri yang rendah terhadap kariernya karena kesuksesan dan kegagalan orang lain yang menjadi motivasi atau model untuk konseli dan kurangnya kepercayaan diri konseli terhadap kemampuan yang dimilikinya. Konseli III (MTW) memiliki efikasi diri yang rendah terhadap kariernya karena kesuksesan dan kegagalan sebelumnya atau dalam masa lalunya yang membuat konseli tidak berani mencoba lagi apa yang pernah dialaminya dan pesan dari orang lain atau masukan-masukan dari orang lain yang membuat konseli bimbang atau bingung dalam menentukan pilihan untuk memakasimalkan potensinya demi kariernya kedepan yang lebih baik lagi. Setelah dilaksanakan enam pertemuan konseling dengan pendekatan behavioristik teknik self management, terjadi perbahan perilaku yang ditunjukkan oleh konseli yang semula memiliki tingkat efikasi diri yang rendah dalam karier sekarang menjadi lebih memiliki tinggal efikasi diri yang bagus atau tinggi demi karier yang lebih baik kedepannya. Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti memberikan saran untuk: 1. kepala sekolah perlu mengadakan pertemuan secara periodik dengan guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan guru mata pelajaran untuk membahas permasalahan rendahnya self efficacy siswa dan kemajuan siswa di kelas sehingga dapat memaksimalkan potensi atau kemampuan yang dimiliki oleh siswa tersebut dan akhirnya siswa dapat berkarier dan berpresatsi dengan maksimal. 2. Konselor sekolah sebaiknya menindaklanjuti apa yang sudah dilakukan oleh peneliti secara terprogram dengan baik dan bisa menerapkan layanan konseling individu dengan pendekatan behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi rendahnya self efficacy dalam menentukan karier siswa lainnya. 3. Siswa diharapkanlebih terbuka terhadap guru bimbingan dan konseling dan/atau wali kelas dan orang tua apabila mengalami kesulitan dalam mengasah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan self efficacy diri siswa untuk menentukan karier kedepannya. 4. Peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan rujukan atau referensi bagi layanan bimbingan dan konseling yang ingin diterapkan di sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dra.Sumarwiyah,M.Pd.,Kons
                    Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Aug 2015 10:48
                    Last Modified: 12 Aug 2015 10:48
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4572

                    Actions (login required)

                    View Item