Meningkatkan Kreativitas Belajar Ips Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015

SUTIAH, - (2015) Meningkatkan Kreativitas Belajar Ips Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER_SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (626kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap Siswa Kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015, pada tanggal 09-13 Februari 2015 bahwa masih banyak siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. Hal tersebut mengacu pada mata pelajaran IPS yang ditunjukkan pada nilai rapot semester I. Rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS dikarenakan banyak siswa yang kurang mampu mamahami mata pelajaran IPS yang disampaikan oleh guru. Untuk itu, penulis berupaya untuk memberikan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping. Adapun rumusan masalahnya 1. “Bagaimana aktivitas peneliti dalam layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015?”, 2. “Bagaimana aktivitas siswa dalam layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015?”, 3. “Bagaimana peningkatan kreativitas belajar IPS siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini 1. Mendiskripsikan aktivitas peneliti saat memberikan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping siswa kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015, 2. Mendiskripsikan aktivitas siswa setelah diberikannya layanan pengguasaan konten dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kreativitas belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015, 3. Mendiskripsikan peningkatan kreativitas belajar IPS siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping siswa kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan peningkatan kreativitas belajar IPS melalui layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan kreativitas belajar IPS. Layanan bimbingan kelompok dapat diartikan sebagai suatu teknik yang dipergunakan untuk membantu siswa atau sekelompok siswa dalam memecahkan masalah-masalah melalui kegiatan kelompok. Sedangkan menurut Winkel dan Hastuti (2006: 563), bimbingan kelompok adalah pelayanan bimbingan yang diberikan kepada lebih dari satu orang pada waktu yang bersamaan. Mind Map adalah cara mencatat bertehnik tinggi menjadi cara mengembangkan potensi diri. Berdasarkan kajian pustaka di atas, hipotesis tindakan yang dirumuskan peneliti adalah diduga “Terjadi Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini di desain dengan menggunakan penelitian PTBK kualitatif dengan jumlah subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan Variabel penelitian dalam penelitian ini mencakup 2 variabel, yaitu Variabel bebas dalam penilaian ini adalah Layanan Penguasan Konten dengan Teknik Mind Mapping. Variabel terikat dalam penilaian ini adalah Kreativitas Belajar IPS. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode pendukung yaitu dokumentasi. Penelitian dengan menggunakan PTBK ini, akan dilaksanakan melalui dua siklus, dalam setiap siklus akan diberikan layanan sebanyak dua kali. Hasil setiap siklus dipergunakan untuk merefleksi langkah yang harus dilakukan berikutnya. Langkah atau tahapan yang harus dilakukan dalam penelitian ini dalam setiap siklus: 1. Perencanaan (planning), 2. Pelaksanaan tindakan (action), 3. Pengamatan (observation), dan 4.Refleksi (reflection). Kemudian Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru BK dan observasi dilakukan secara langsung bersama guru BK. Berdasarkan pra siklus dilaksanakan penelitian hasil pra siklus mendapat hasil Rata-Rata Skor 19,89% (K), pada Siklus I pertemuan pertama rata-rata 21,67 dalam kategori kurang (K), Siklus I pertemuan dua rata-rata 24,67 dalam kategori kurang (K), Siklus I pertemuan ketiga rata-rata 26,83 dalam kategori cukup (C), dan Siklus I pertemuan keempat rata-rata 29,44 dalam kategori cukup (C). Sedangkan pada siklus II selalu mengalami kenaikan dari pertemuan I-pertemuan III yang awalnya pada Siklus II pertemuan pertama rata-rata 32,05 dalam kategori cukup (C), Siklus II pertemuan dua rata-rata 33,83 dalam kategori cukup (C), Siklus II pertemuan ketiga rata-rata 34,78 dalam kategori baik (B), dan Siklus II pertemuan keempat rata-rata 36,5 dalam kategori baik (B). Dari hasil tersebut bisa dilihat adanya peningkatan dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian layanan penguasan konten dengan media mind map dapat meningkatkan kreativitas belajar IPS siswa. Kesimpulan yang berbunyi: “Kreativitas Belajar IPS Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pasuruan Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015” dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan tema penelitian, peneliti dapat memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, 3) Bagi Guru Mata Pelajaran, 4) Bagi Wali Kelas, 5) Bagi Siswa, 6) Bagi Peneliti. Diharapkan mampu untuk mengembangkan dan menerapkan penguasan konten dengan media mind map dalam penanganan permasalahan kreativitas belajar IPS siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Kata Kunci: Kreativitas Belajar IPS, Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Mind Mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 12 Aug 2015 05:23
Last Modified: 12 Aug 2015 05:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item