Mengatasi Bullying Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Ma Sultan Hadlirin Mantingan Ta. 2014/2015

MUWAKHIDAH, ISMI (2015) Mengatasi Bullying Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Ma Sultan Hadlirin Mantingan Ta. 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (413Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (169Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (363Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (373Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1040Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (866Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (805Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (117Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan tindakan dalam mengatasi bullying pada siswa kelas XI IPS 1 MA Sultan Hadlirin Mantingan TA. 2014/2015 melalui layanan Konseling Kelompok dengan teknik assertive training. 2). Teratasinya bullying pada siswa kelas XI IPS 1 MA Sultan Hadlirin Mantingan TA. 2014/2015 melalui layanan Konseling Kelompok dengan teknik assertive training. Bullying merupakan perilaku negatif yang mengakibatkan seseorang dalam keadaan tidak nyaman dan biasanya terjadi berulang-ulang. Konseling kelompok adalah layanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta diidk (klien) memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok. Assertive Training adalah perpaduan teknik-teknik rasional dan teknik-teknik yang menekankan pada tindakan nyata. Dengan hipotesis penelitian yaitu “Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training dapat mengatasi bullying pada siswa kelas XI IPS 1 MA. Sultan Hadlirin Mantingan TA. 2014/2015”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS MA Sultan Hadlirin Mantingan yang berjumlah 10 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training, sedangkan variabel terikat yaitu bullying. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif, karena membandingkan kondisi awal sebelum dilakukannya layanan konseling kelompok dengan kondisi setelah dilakukan layanan. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian sikap assertive untuk menolak bullying pada siswa korban bullying rendah dengan hasil rata-rata skor 18,4 dan hasil rata-rata persentase 36,8% (kurang). Setelah diberi layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training pada siklus I peningkatan sikap assertive pada siswa korban bullying meningkat dari skor 18,4 dan persentase 36,8% menjadi rata-rata skor 27,8 dan rata-rata persentase 55,6% (cukup) pada siklus II peningkatan sikap assertive pada siswa/korban bullying meningkat dari rata-rata skor 27,8 dan rata-rata persentase 55,6% menjadi rata-rata skor 36,1 dan rata-rata persentase 72,2% (baik). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis, maka dapat disimpulkan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat mengatasi bullying pada siswa kelas XI IPS 1 MA Sultan Hadlirin Mantingan TA. 2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena memenuhi indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah, diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasana yang mendukung dalam pelaksanaan pemberian layanan bimbingan dan konseling agar dapat berjalan dengan lancar. 2) Wali Kelas/ Guru Mata pelajaran, wali kelas/ guru mata pelajaran supaya dapat memantau perkembangan perubahan perilaku siswa yang negatif menjadi positif untuk mengatasi permasalahan lain agar siswa dapat memahami dan mengentaskan permasalahan yang mereka hadapi. 3) Guru Pembimbing, supaya membantu siswa dalam mengubah perilaku siswa yang negative menjadi positif dengan menggunakan konseling kelompok untuk mengatasi permasalahan lain agar siswa dapat memahami dan mengentaskan permasalahan yang mereka hadapi. 4) Kepada Siswa, memberikan saran kepada siswa agar dengan diselenggarakannya layanan konseling kelompok dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yang ada di sekolah, siswa dapat memanfaatkannya dengan baik supaya siswa mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa yang sedang tumbuh mencapai kematang yang maksimal. 5) Peneliti, diharapkan mampu menyalurkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama melakukan penelitian tentang bimbingan dan konseling khususnya yang menyangkut tentang efektivitas konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk mengatasi bullying.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons
                    Uncontrolled Keywords: Bullying, Layanan Konseling Kelompok, Assertive Training
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Aug 2015 12:34
                    Last Modified: 12 Aug 2015 12:34
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4576

                    Actions (login required)

                    View Item