Studi Kasus Penerapan Model Konseling Client Centered Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD 7 Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Roni, Muhamad (2012) Studi Kasus Penerapan Model Konseling Client Centered Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD 7 Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (853kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (607kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (106kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (147kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang dalampenelitian ini diperoleh peneliti dengan mengadakan wawancara dengan guru kelas IV SD 7 Bulung kulon diperoleh siswa yang belajarnya rendah, kurang motivasi dan minat belajar siswa kurang,siswa diasumsikan memiliki kesulitan belajar,sehingga perlu mendapatkan layanan bimbingan belajar,salah satunya dengan penerapan model konseling Client Centered.Model konselinginidapatmemberikansumbanganberanekaragamteknik yangdigunakanolehterapis.Pendekataninimenaruhkepercayaanbahwaklienmemilikikesanggupanuntukmemecahkanmasalahnyasendiri.Hubunganterapisdanklienmerupakanalatuntukmeningkatkankesadarandanmenemukansumbersumber yang terpendam yang kemudianmembangunkontribusidalampengubahanhidupnya. Tujuanpenelitianiniadalah untuk: 1) Menemukanfaktor-faktorpenyebabkesulitanbelajarsiswakelasIV SD 7 BulungKulonJekulo Kudus tahunpelajaran 2011/2012. 2)Mengatasikesulitanbelajarsiswadenganpendekatan model konseling Client Centered padasiswakelas IV SD 7 BulungKulonJekulo Kudus tahunpelajaran 2011/2012. 3)Untukmenemukanseberapa besar efektifitaspenerapanpendekatankonselingClient CentereddalammengatasikesulitanbelajarsiswaKelas IV SD 07 BulungKulonJekulo Kudustahunpelajaran 2011/2012. Manfaat teoritis penelitianini adalah untuk: Memberi sumbangan secara teoritik melalui penelitian terhadap ilmu bimbingan dan konseling khususnya berhubungan dengan kesulitan belajar siswa. Manfaatperaktispenelitian: a) MemperolehgambaranmengenaiaktivitaskonselingClient CentereddalammengatasikesulitanbelajarsiswaKelas IV SD 07 BulungKulonJekulo Kudustahunpelajaran 2011/2012. b)Memberikansumbangankepadapara pembimbing supaya lebih meningkatkan kualitas belajar siswa. c)Memperkaya penelitanterdahulukhususnya yang berkenaandenganmasalahkonselingClient Centereddalammengatasikesulitanbelajarsiswa.Penelitianinitermasuk penelitian kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara teperinci dan mendalam terhadap suatu gejala tertentu,sehingga tingkat kemajuan tingkah laku individudapatdipelajarimelalui fasepadasiswakelas IV SD 7 Bulung Kulon Jekulo Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Fokus penelitian iniadalahdengan menunjukanpada tiga siswakelas IV yang diduga mengalami kesulitanbelajar,karenakurangmotivasidanminatbelajar rendah dan kurang lancar membaca, berhitung,kurangbisamengaturwaktubelajarsehingganilailaportsemesternyarendahtahun pelajaran 2011/2012,teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi,observasi home visit danwawancara.Bentuk analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknis analisis data DataReduction. Mereduksi data bisa berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya.Setelah data penelitian yang diperoleh di lapangan terkumpul, proses data reductionterus dilakukan dengan cara memisahkan catatan antara data yang sesuai dengan data yang tidak, berarti data itu dipilih-pilih. Pembahasan dari konseling ini konselor menerapkan pengalaman merendahnya keteagangan diawali dengan membangun repport melalui cara mengkomunikasikan sikap membantu klienMIW,TUP,AFS memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapinya. Konselor berupaya untuk meyakinkan dengan cara memberikan kepercayaan melalui tingkah laku yang baik serta menggunakan humor, agar klien tidak merasa takut dan berani mengungkapkan masalahnya maka membuat persyaratan berupa keputusan keputusan yang akan dijalani selama konseling Client Centered dilaksanakan. Tindakan konselor menaruh perhatian yang penuh terhadap klien sehingga sanggup mengembangkan harga dirinya, serta melakukan ekspersi secara bebas, serta mengkomunikasikan kepada klien tentang pesan-pesan tertentu untuk memperkuat rasa empati.Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut,akhirnya dapat disimpulkan bahwa penyebab kesulitan belajar siswa kurang adanya motifasi dan minat belajar yang rendah,kurang bisa mengatur waktu belajar dirumah,adalah faktor ekternal dan ketidakmampuan orang tua siswa dalam membimbing cara belajar anaknya,aktifitas sehari hari orang tua serta jejang pendidikan oragn tua kurangadanyafasilitasbelajar yang mamadai,sedangkan penyebab kesulitan belajar dari faktor internal adalah kebiasan belajar sehari-hari dirumah dangan memanfaatkan jam efektif untuk bermain,kurangmemahamipengertianbilangandankemampuanberhitung sangatrendah,tidakmemahami makna kata yang dibaca dan siswa kurang bertangung jawabsebagaiseorangpelajar.Untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa dilaksanakan dengan menggunkan model konseling Client Cenrerd secara terencana dan terdatadan dengan mengunakan konseling Client Centered ternyata dengan kesadaran diri dan bertanggung jawab klien mampu mengubah dirinya sendiri dan prestasi belajrnya meningkat. Dari simpulan di atas,penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut:1)Kepala sekolah a)Mengadakan konfesi kasus setiap ada permasalahan yangserius.b)Adanya kegiatan supervisi pendidikan secara berkesinambungan.2)Kepada guru mapel/wali kelas.a)Melaksanakan tugas secara profesional, mengetahui sejak dini siswa yang bermasalah baik pribadi maupun kelompok. b)Menindaklanjuti masalah kesulitan belajar disekolah SD7Bulung Kulon, Jekulo Kudus.c)Menyelenggarakan pertemuan sesama guru, bertukar pendapat tentang hal-hal kegiatan pembelajaran untuk mengentaskan masalah yang dihadapi siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Dra. Hj. Sutarti, SE, MM. Dosen Pembimbing II Drs. Sucipto, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Model konseling Client Centereddalam kesulitan belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 05 Nov 2012 05:41
Last Modified: 05 Nov 2012 05:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item