Improving The Students’ Speaking Ability By Using Plus Minus Interesting (Pmi) Strategy (A Classroom Action Research At The Eighth Grade Students Of Smpn 2 Margorejo Pati In Academic Year 2014/2015)

WIDYA ASTUTI, WIWIN (2015) Improving The Students’ Speaking Ability By Using Plus Minus Interesting (Pmi) Strategy (A Classroom Action Research At The Eighth Grade Students Of Smpn 2 Margorejo Pati In Academic Year 2014/2015). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1182Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (206Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (239Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (431Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (573Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (337Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (194Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (177Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3186Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Sebagai salah satu dari empat keterampilan dalam bahasa Inggris, berbicara adalah bagian keterampilan yang harus dikuasai. Dengan menguasai keterampilan berbicara, orang-orang bisa melakukan percakapan dengan yang lain, memberikan ide-idenya, dan bertukar informasi dengan orang lain. Fakta menunjukkan bahwa banyak siswa kelas VIII E SMPN 2 Margorejo Pati yang masih mempunyai kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide mereka dikarenakan mereka masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan menyususn ide-ide menjadi paragraf yang baik secara oral. Maka dari itu, saya mengajukan strategi Plus Minus Interesting untuk mengatasi masalah siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui apakah strategi Plus Minus Interesting bisa meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII SMP N 2 MargorejoPati tahun ajaran 2014/2015,(2) Untuk menggambarkan penerapan strategi Plus Minus Interesting dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 8 E SMPN 2 Margorejo Pati tahun pelajaran 2014/2015, (3) untuk mengetahui respon siswa dalam pengajaran berbicara menggunakan strategi Plus Minus Interesting pada siswa kelas 8 SMPN 2 Margorejo Pati tahun ajaran 2014/2015. Penulis berharap strategi ini dapat membantu siswa dalam menghasilkan dan mengembangkan ide-ide mereka, sehingga mereka akan lebih mudah untuk mengembangkan dan mengekspresikan ide-ide mereka secara oral. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua silkus. Setiap siklus terdiri atas empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Siklus pertama dilaksanakan pada 13 dan 14 April 2015, sedangkan siklus kedua dilaksanakan pada 20 dan 21 April 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Margorejo Pati tahun pelajaran 2014/2015. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, tes lisan, dan kuesioner. Tes dilaksanakan ketika siswa tampil berbicara untukmemberikan ide-idenya didepan kelas di setiap siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Plus Minus Interesting dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 8 SMPN 2 Margorejo Pati tahun ajaran 2014/2015. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 5.5 di permulaan siklus, 68.3 pada siklus I,menjadi 77.1 pada siklus II. Penerapan strategi Plus Minus Interesting pada pengajaran berbicara siswa kelas 8 SMPN 2 Margorejo Pati pada tahun ajaran 2014/2015 pada siklus I lebih baik daripada siklus II. Disamping itu, persentasi respon siswa pada siklus II meningkat dari siklus I. Jadi, sebagian besar siswa memberi respon baik/positif pada pengajaran berbicara menggunakan strategi Plus Minus Interesting. Berdasarkan fakta-fakta diatas, penulis memberikan saran kepada guru untuk menerapkan strategi ini sebagai strategi pembelajaran untuk membantu mereka dalam menghasilkan dan mengembangkan ide-ide mereka.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: pembimbing : Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Plus Minus Interesting (PMI) Strategy.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 13 Aug 2015 12:46
                    Last Modified: 13 Aug 2015 12:46
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4586

                    Actions (login required)

                    View Item