Penerapan Model Think Talk Write Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Muatan Matematika Dan Ipa Siswa Kelas V Sdn 1 Sowan Kidul Kedung Jepara

Khayatunnufus, Zenia (2015) Penerapan Model Think Talk Write Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Muatan Matematika Dan Ipa Siswa Kelas V Sdn 1 Sowan Kidul Kedung Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (1170Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (234Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (757Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (748Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (864Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (333Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (130Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (134Kb)

                  Abstrak

                  Penelitian tindakan kelas ini bertujuan 1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru pada subtema Indonesiaku, bangsa yang berbudaya muatan matematika dan IPA dengan diterapkannya model pembelajaran think talk write kelas V SDN 1 Sowan Kidul Kedung Jepara, 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada subtema Indonesiaku, bangsa yang berbudaya muatan matematika dan IPA dengan diterapkannya model pembelajaran think talk write pada siswa kelas V SDN 1 Sowan Kidul Kedung Jepara. Hasil belajar merupakan perolehan proses belajar yang berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan. Think talk write adalah suatu rangkaian kegiatan yang mampu mengembangkan potensi yang terdapat di dalam diri siswa melalui aktivitas berpikir setelah melakukan pengamatan kemudian dikomunikasikan dengan kelompok melalui aktivitas berbicara dan mengkonstruksi hasil pengetahuan melalui kegiatan menulis. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar siswa pada subtema Indonesiaku, bangsa yang berbudaya muatan matematika dan IPA siswa kelas V SDN 1 Sowan Kidul Kedung Jepara. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 1 Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model think talk write. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar muatan matematika dan IPA. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian yaitu tes pada setiap akhir siklus, lembar observasi keterampilan guru mengajar dan lembar observasi siswa aspek keterampilan dan aspek sikap. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar hasil belajar muatan matematika cukup signifikan antara siklus I (80%) dan siklus II (93,33%) sedangkan pada muatan IPA terdapat peningkatan ketuntasan belajar antara siklus I (76,67%) dan siklus II (96,67%) didukung dengan peningkatan siswa aspek keterampilan pada siklus I 3,3 (baik) menjadi 3,65 (sangat baik) siklus II. Sedangkan peningkatan siswa aspek sikap pada siklus I 87,66% (baik) menjadi 96,66% (baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model think talk write juga mengalami peningkatan pada siklus I 79,66% (baik) menjadi 88% (sangat baik) siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model think talk write dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar siswa muatan matematika dan IPA siswa kelas V SDN 1 Sowan Kidul Kedung Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Sowan Kidul Kedung Jepara dapat disimpulkan bahwa penerapan model think talk write dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar siswa muatan matematika dan IPA siswa kelas V SDN 1 Sowan Kidul Kedung Jepara. Adapun saran yang diberikan adalah model think talk write diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing : Dra.Sumarwiyah,M.Pd,Kons
                  Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Hasil Belajar
                  Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                  Depositing User: pustakawan umk
                  Tanggal Deposit: 13 Aug 2015 14:27
                  Last Modified: 13 Aug 2015 14:27
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4595

                  Actions (login required)

                  View Item