Upaya Meningkatkan Pengendalian Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII A Mts. Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaan 2011/2012

Noor, Arief Burhanuddin (2012) Upaya Meningkatkan Pengendalian Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII A Mts. Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaan 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (413kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (24kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
PRESENTASI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya emosi yang tidak bisa dikendalikan oleh siswa yang berdampak pada perselisihan dan sampai perkelahian antar teman yang dialami siswa kelas VIII B Mts. Ma’ahid Kudus Ada 8 siswa yang mengalami pengendalian emosi rendah dikarenakan kurangnya pengendalian diri, apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus maka akan berdampak pada psikis siswa dan berdampak juga pada prestasi belajar mereka, Oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi pengendalian emosi yang rendah. Permasalahan yang diteliti: Apakah Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Pengendalian Emosi Siswa Kelas VIII Mts. Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mendiskripsikan pengendalian emosi siswa sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok dan setelah dilaksanakan bimbingan kelompok. 2. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan bimbingan kelompok sebelum diadakan bimbingan kelompok dan sesudah bimbingan kelompok. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: menambah wawasan dan pemikiran khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi peneliti dapat diperoleh pengalaman tentang pengendalian emosi siswa. 2) Bagi kepala sekolah digunakan untuk kebijakan-kebijakan yang memudahkan dalam layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh konselor. 3) Bagi konselor digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu pengendalian emosi siswa. Ruang lingkup penelitian ini adalah penelitian ini dilakukan untuk menguji adanya peningkatan pengendalian emosi melalui layanan bimbingan konseling kelompok siswa kelas VIII A Mts. Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2011/2012 Sebanyak 8 Siswa Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Pengendalian Emosi Siswa yang Rendah Kelas VIII A Mts. Ma’ahid Kudus Tahun pelajaran 2011/2012”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Mts. Ma’ahid Kudus, sebanyak 8 siswa yang memunyai pengendalian emosi yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Pengendalian Emosi (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 6 pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 30 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok pengendalian emosi masuk dalam kategori sangat kurang ditunjukan hasil skor 124 dengan rata-rata persentase 30,3 %. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, pengendalian emosi meningkat sebesar 15,6 % dengan hasil skor peningkatan 23 sehingga menjadi kategori Kurang dengan rata-rata persentase 45,9 % dengan skor 147. Sedangkan pada siklus II pengendalian emosi terus meningkat sebesar 38,1% dengan skor peningkatan 145 sehingga menjadi kategori sangat baik dengan perolehan rata-rata persentase 84 % dengan skor 269. Dengan demikian hasil peningkatan pra siklus sampai siklus II adalah 53,7 % dengan skor peningkatan 145. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pengendalian emosi pada siswa kelas VIII B Mts. Ma’ahid Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pengendalian emosi memperoleh rata-rata persentase 30,3 % dengan skor 124. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I pengendalian emosi memperoleh rata-rata persentase 45,9 % dengan skor 147 dengan jumlah peningkatan 15,6% dengan skor peningkatan 23. Dan pada siklus II pengendalian emosi memperoleh rata-rata persentase 84 % dengan skor 269 dengan jumlah peningkatan 38,1% dengan skor peningkatan 145, dengan demikian hasil peningkatan pra siklus sampai siklus II adalah 53,7 % dengan skor peningkatan 145. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah hendaknya memberikan jam BK agar program BK dapat terlaksana, khususnya dalam layanan bimbingan kelompok. 2. Konselor supaya membantu siswa dalam mengubah perilaku siswa menjadi positif menggunakan bimbingan kelompok untuk mengatasi masalah yang lain supaya siswa dapat memahami dan mengentaskan masalah yang dihadapi oleh siswa. 3. Memberikan saran kepada siswa supaya dengan adanya layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yang ada di sekolah, siswa dapat memanfaatkan untuk mengembangkan dirinya sehingga siswa dapat mengendalikan emosinya dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Sukiman, M.Pd., Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd.
Kata Kunci: Pengendalian Emosi; Bimbingan Kelompok.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2012 01:08
Last Modified: 06 Nov 2012 01:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item