Improving The Speaking Ability Of Xa Farmasi Class Students Of Smk Duta Karya Kudus By Using Communication Game In Academic Year 2013/2014

FA’ELATUL MIFTAH, ANNELISA (2015) Improving The Speaking Ability Of Xa Farmasi Class Students Of Smk Duta Karya Kudus By Using Communication Game In Academic Year 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (540Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (224Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (401Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (259Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (446Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (211Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (201Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (276Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1627Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berbicara adalah salah satu ketrampilan di bahasa Inggris yang harus di kuasai oleh siswa-siswa di kelas bahasa Inggris untuk mencapai tujuan dari mata pelajaran berbicara. Itu harus ditekunin untuk pelajar untuk dapat berkomunikasi dan hubungan yang baik dengan lainnya. Dalam pengajaran berbicara, guru seharusnya memilih teknik yang sesuai dengan kondisi siswanya. Teknik untuk pengajaran berbicara yang dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara adalah Permainan Komunikasi. Permainan Komunikasi adalah permainan yang dibuat untuk membangkitkan seringnya komunikasi diantaranya menebak informasi, jadi satu siswa harus berbicara kepada temannya untuk memecahkan puzzle, menggambar, meletakkan benda pada tempat yang benar,atau mencari persamaan dan perbedaan diantara gambar-gambar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Permainan Komunikasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa XA Farmasi SMK DUTA KARYA tahun pelajaran 2013/2014. Dan untuk menjelaskan bagaimana respon siswa XA Farmasi SMK DUTA KARYA dalam pengajaran berbicara menggunakan permainan komunikasi pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdiri dari dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat steps, diantaranya (1) rencana, (2) tindakan, (3) observasi, and (4) analisis. Putaran 1 dilaksanakan pada bulan Mei 2014, while cycle 2 juga dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Subyek dari penelitian ini adalah siswa XA Farmasi SMK Duta Karya Kudus pada tahun pelajaran 2013/2014.Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan tes lisan, dan observasi. Tes dilaksanan ketika siswa selesai melaksanakn permainan komunikasi di setiap putaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan komunikasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa XA Farmasi SMK Duta Karya Kudus pada tahun pelajaran 2013/2014. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 70.05 di putaran 1 dan 83.18 di putaran 2. Selain itu, hasil dari lembar observasi pada putaran I menunjukkan bahwa siswa bingung ketika guru sedang memberi penjelaskan mengenai materi dan peraturan untuk melakukan permainan tersebut. Ketika guru sedang menjelaskan, beberapa siswa berbicara sendiri dengan teman sebangkunya dan mereka sibuk sendiri dengan urusan mereka. Jadi, guru harus lebih ekstra dalam menangani siswa. Pada putaran II, hasil dari lembar observasi menunjukkan bahwa ketika guru sedang memberi penjelasan mengenai materi dan peraturan dari permainan komunikasi,siswa lebih memperhatikan dan lebih berantusias untuk berpartisipasi dan komunikatif. Situasi kelas selama proses belajar berlangsung juga baik. Siswa memberi respon yang positif kepada guru tentang penerapan game tersebut. Jadi, penulis menyimpulkan bahawa permainan komunikasi sebagai teknik dalam pengajaran berbicara dan effektik dalam meningkatkan kemampuan siswa XA Farmasi SMK Duta Karya Kudus pada tahun peajaran 2013/2014. Berdasarkan prosess dan hasil dari penelitian, penulis menyarankan bahwa (ipermainan komunikasi dapat menjadi teknik alternatif yang mana dapat digunakan oleh guru dalam pengajaran bahasa Inggris, khususnya di pengajaran berbicara, (ii) Guru seharusnya membuat suasanya yang nyaman di kelas. (iii) Guru harus mengontrol aktivitas murid selama process belajar mengajar. (iv) Penulis selanjutnya dapat memodifikasi peraturan dari permaina komunikasi menggunakan media nyata. (v) Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi tambahan dengan diskusi yang berbeda. (vi) Berharap akan ada penelitian selanjutnya untuk membuat tekbik ini menjadi lebih baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : DR. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Permainan Kommunikasi, Siswa Xa Farmasi SMK Duta Karya Kudus in Academic Year 2013/2014
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 15 Aug 2015 12:01
                    Last Modified: 15 Aug 2015 12:01
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4612

                    Actions (login required)

                    View Item