Penerapan Model Course Review Horay (Crh) Untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sd 4 Dersalam Kudus

LINDAWATI, SUSI (2015) Penerapan Model Course Review Horay (Crh) Untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas Iv Sd 4 Dersalam Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (848kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (482kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (616kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (172kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Course Review Horay (CRH) dan menentukan peningkatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SD 4 Dersalam Kudus tahun ajaran 2014/2015. Pembelajaran merupakan proses untuk membantu siswa dalam mencerna suatu kejadian dalam kegiatan belajar yang dapat meningkat ke level yang lebih tinggi. Course Review Horay (CRH) merupakan salah satu model pembelajaran cooperative learning yang dalam penerapannya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan dalam satu kelompok tersebut dibagi menjadi 4-6 anak. Model pembelajaran ini membentuk suasana belajar di kelas menjadi lebih meriah karena suara siswa yang berteriak “horee” atau “yel-yel” yang sudah disepakati dalam kelompok. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 4 Dersalam Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yakni model Course Review Horay (CRH), variabel terikatnya yakni pembelajaran matematika yakni terkait dengan pengamatan terhadap keterampilan guru serta hasil belajar siswa khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi guru dan hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotor, pedoman wawancara, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor serta terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni pada siklus I mencapai 68,8% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Hasil belajar ranah afektif siklus I mencapai 65,62% dengan kualifikasi baik (B) menjadi 76,56% dengan kualifikasi baik (B) pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I mencapai 63,16% dengan kualifikasi cukup (C) menjadi 76,05% dengan kualifikasi baik (B) pada siklus II. Dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mencapai 79,35% dengan kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 91,3% dengan kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Dersalam Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV SD 4 Dersalam Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Course Review Horay (CRH), guru harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam penelitian serta menguasai penerapan model Course Review Horay (CRH) agar pembelajaran berlangsung lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : DRs. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH), Pembelajaran Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Sep 2015 05:51
Last Modified: 08 Sep 2015 05:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item