Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Meilinda, Arini Puspitasari (2012) Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (227kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (155kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (85kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (PPT) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (155kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor karakteristik Good Corporate Governance (GCG) dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laporan Tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor karakteristik Good Corporate Governance yang digunakan antara lain ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan jumlah anggota komite audit. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2006-2010. Total sampel penelitian adalah 35 perusahaan yang ditentukan melalui purposive sampling. Penelitian ini menganalisis pada laporan tahunan perusahaan dengan metode Content analysis. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa diantara 5 variabel yaitu ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan jumlah anggota komite audit yang berpengaruh secara signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan yaitu ukuran dewan komisaris. Dengan kata lain semakin banyak ukuran dewan komisaris semakin luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Berdasarkan analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa variabel bebas yaitu ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan jumlah anggota komite audit secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial yaitu sebesar 66,1%. Dengan demikian, karakteristik GCG cukup mempengaruhi pengungkapan CSR dalam melakukan pengungkapan dan pertanggungjawaban sosialnya kepada pihak stakeholders. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan CSR di Indonesia.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility (CSR), ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, jumlah anggota komite audit
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Manajemen personel. Manajemen sumber daya manusia. Manajemen tenaga kerja.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 1245 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 06 Nov 2012 03:10
Last Modified: 06 Nov 2012 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item