MENINGKATKAN PERGAULAN YANG BERETIKA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI-AP1 SMK TAMANSISWA KUDUS TA 2014/2015

PRAMUSINTA, DEWI (2015) MENINGKATKAN PERGAULAN YANG BERETIKA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI-AP1 SMK TAMANSISWA KUDUS TA 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (431kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (322kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (537kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (214kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : 1. Mendeskripsikan aktivitas peneliti dan pergaulan yang beretika siswa kelas XI-AP1 SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah dilakukan layanan penguasaan konten berbantuanan audiovisual. 2. Memperoleh peningkatan pergaulan yang beretika melalui layanan penguasaan konten berbantuan audiovisual pada siswa kelas XI-AP1 SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Pergaulan yang Beretika merupakan interaksi antara individu dengan individu lain yang sesuai situasi dan keadaan serta tidak melanggar tata krama, norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku. Layanan Penguasaan konten merupakan layanan yang diberikan kepada peserta didik yang berisi pembelajaran untuk menguasai materi yang berguna bagi dirinya. Media Audiovisual yaitu media pembelajaran yang menggabungkan unsur gambar dan suara dalam menyampaikan materi. Hipotesi penelitian ini adalah: 1. Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Audiovisual Dapat Meningkatkan Pergaulan Yang Beretika Pada Siswa Kelas XI-AP1 SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Pergaulan Yang Beretika Pada Siswa Kelas XI-AP1 SMK Tamansiswa Kudus Tahun Ajaran 2014/2015 Dapat Ditingkatkan Melalui Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Audiovisual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling, yang dilaksanakan di kelas XI-AP1 SMK Tamansiswa Kudus dengan subjek penelitian 33 orang siswa yang memiliki pergaulan yang beretika kurang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas layanan ini adalah Layanan Penguasaan Konten berbantuan media Audiovisual, sedangkan variabel terikatnya adalah pergaulan yang beretika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pergaulan yang beretika siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata skor 21 (42%) kategori kurang. Setelah diberi tindakan layanan penguasaan konten berbantuan audiovisual pada siklus I terjadi peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan skor 22 (44%) kategori kurang. Siklus I pertemuan 2 mendapatkan skor 24 (48%) kategori kurang. Siklus I pertemuan 3 mendapatkan skor 26 (52%) kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan skor 30 (60%) kategori cukup. Siklus II pertemuan 2 mendapatkan skor 34 (68%) kategori baik. Siklus II pertemuan 3 mendapatkan skor 39 (78%) kategori baik. Jadi dari pra siklus, siklus I, siklus II diperoleh hasil 44% menjadi 78%, sehingga ada peningkatan sebesar 34%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa layanan penguasaan dapat meningkatkan pergaulan yang beretika pada siswa XI-AP1 SMK Tamansiswa Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah: memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling disekolah 2. Kepada Guru BK: mengembangkan layanan bimbingan dan konseling kususnya layanan penguasaan konten dengan media audiovisual. 3. Kepada Siswa: siswa memahami dan menerapkan etika yang ada dalam pergaulan. 4. Bagi Peneliti Selanjutnya: mengembangkan penelitian lebih variatif dan inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Sunardi,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pergaulan Yang Beretika, Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Audiovisual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Sep 2015 06:15
Last Modified: 08 Sep 2015 06:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item