Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence

FEBRIANSARI NINGTYAS, FENI (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Download (593kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (484kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (180kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor melalui model pembelajaran concept sentence. Concept sentence adalah model pembelajaran yang memberi kesempatan siswa menggunakan kata-kata kunci dalam memudahkan menangkap konsep untuk mengembangkan kalimat sesuai materi yang disajikan. Keterampilan menulis adalah segala kelebihan atau kecakapan yang dimiliki untuk menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan secara tepat. Pantun adalah karya sastra puisi lama asli Indonesia berupa rangkaian kata yang mengandung makna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor, dengan subjek penelitian terdiri atas guru dan 18 siswa. Variabel bebasnya menggunakan model pembelajaran concept sentence, sedangkan variabel terikatnya keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis pantun. Penelitian ini terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman observasi keterampilan guru, pedoman observasi aktivitas belajar siswa, pedoman wawancara dan tes menulis pantun. Data yang diperoleh dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan menulis pantun melalui model pembelajaran concept sentence siklus I (66,67%) dan siklus II (83,33%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 72,15% (baik) menjadi 80,28% (baik) di siklus II. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan siklus I sebesar 78,75% (baik) menjadi 91,25% (sangat baik) di siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis pantun melalui model pembelajaran concept sentence di kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Saran dalam penelitian ini: (1) bagi siswa untuk lebih rajin belajar dan bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran; (2) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pembelajaran; (3) bagi sekolah hendaknya menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran lebih memperhatikan kinerja guru; (4) peneliti lebih mengarahkan siswa di setiap kegiatan pembelajaran agar siswa menjadi lebih aktif dalam setiap kegiatan supaya lebih berkembang.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Concept Sentence, Keterampilan Menulis, Pantun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Sep 2015 06:25
Last Modified: 08 Sep 2015 06:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4624

Actions (login required)

View Item View Item