AYUNINGTYAS , RETNO (2015) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Klaling Jekulo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (422kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (38kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn materi globalisasi melalui penerapan metode pembelajaran talking stick. Metode pembelajaran talking stickadalah metode pembelajaran interaktif yang dirancang untuk mengukur tingkat penguasaan materi pelajaran oleh siswa dengan bantuan tongkat yang bertujuan mendorong siswa untuk berani mengungkapkan pendapat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran talking stickdapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn siswa kelas IV SD 2 Klaling Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Klaling Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn materi globalisasi dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran talking stick. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif mata pelajaran PKn meningkat dari prasiklus dengan persentase 36,36% (rendah), siklus I mencapai 63,64% (sedang), dan siklus II meningkat mencapai 86,4% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah afektif pada siklus I 72,05% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 82,7% (baik). Hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 72,15% (baik), dan pada siklus II meningkat sebesar 84,4% (baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn menggunakan metode pembelajaran talking stick meningkat dari siklus I mencapai 75,4% (baik) dan siklus II mencapai 87% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 2 Klaling Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Klaling Jekulo Kudus dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn menggunakan metode pembelajaran talking stickpada materi globalisasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M. Pd |
Kata Kunci: | : Hasil Belajar PKn, Globalisasi,dan Talking Stick. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 06:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2015 06:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4627 |
Actions (login required)
View Item |