Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Soal Cerita Bilangan Pecahan

FITRIANA, DEWI (2015) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Soal Cerita Bilangan Pecahan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2236Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (1612Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1747Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (2502Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (3092Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (1606Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (1595Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (1596Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (22Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, aktifitas belajar dan keterampilan guru siswa pada soal cerita bilangan pecahan. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan proses menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya ke dalam situasi baru untuk menentukan prosedur yang tepat dalam pengelolaan masalah sehingga berhasil menemukan jalan keluar dari masalah matematika. Model Problem Based Learning yang merupakan pembelajaran dengan menghadapkan padapermasalahan-permasalahan praktis sebagai pijakandalam belajar.Soal cerita pecahan sendiri merupakan bentuk cerita yang berkaitan dengan keadaan yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari mengandung masalah yang menuntut pemecahan dalam bentuk kalimat matematikabilangan pecahan .Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatakan keterampilan guru, aktifitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal cerita bilangan pecahan. Penelitian dilaksanakan di kelas IVA SD Muhammadiyah Gribig. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa (20 orang). Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning, dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang dipakai yakni lembar observasi, lembar wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan terjadi pada keterampilan mengajar guru juga meningkat dari 74,45% dengan kriteria baik menjadi 85,32% atau dalam kriteria sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari persentase yang didapat 73,58% pada kriteria baik menjadi 82,08% dengan kriteria baik. Pada tes kemampuan pemecahan masalah matematika dari siklus I 70% menjadi 80% siklus II. Nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika juga meningkat dari 74,28 menjadi 77,00. Setiap aspek kemampuan pemecahan masalah juga meningkat, yaitu aspek memahami masalah meningkat dari 73,93% menjadi 84,00%, aspek merencanakan pemecahan masalah dari 70,18% menjadi 83,39%, aspek melaksanakan rencana pemecahan masalah dari 58,57% menjadi 74,46%, serta aspek melihat kembali dan menyimpulkan dari 54,29% menjadi 66,60%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematikasiswa kelas IV SD Muhammadiyah Gribig. Peneliti menyarankan kepada siswa untuk lebih membiasakan belajar dengan penuh semangat dan menyampaikan tanggapan sekreatif mungkin. Saran untuk guru dalam upaya untukmengoptimalkan proses pembelajaran pemecahan masalah, guru sebaiknyamenyajikan permasalahan yang menarik bagi siswa. Untuk kepala sekolah, peneliti menyarankan mendorong guru untuk melaksanakan pembelajaran yang berorientasi permasalahan sehingga siswa dapat meningkatkan kreativitas dalam berpikir.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita Pecahan.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 08:40
                    Last Modified: 09 Sep 2015 08:40
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4632

                    Actions (login required)

                    View Item