Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide

FITRI ANA, DEWI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (354Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (1131Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1183Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1181Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2381Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (1137Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (1117Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (1118Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (16Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikanketerampilan guru dalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide padapembelajaran IPS siswakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Hasil belajaradalahhasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar meliputipengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspekafektif), danketerampilan (aspekpsikomotorik). Model pembelajaranexample non example adalahmodel pembelajaran yang berfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamadenganmenggunakancontoh-contoh yang dapatdiperolehdarikasusataugambar yang relevan. Media slide adalah halaman yang berisikan objek teks, gambar, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya yang terdapat pada microsoft power point yang dapat menyajikan materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam sesuai desain atau rancangan yang telah dioperasikan secara manual, remote kontrol (dari jarak tertentu) atau secara sunc-tape (operasi secara otomatis bersama dengan suara). Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dengansubjekpenelitianjumlah 24 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model pembelajaranexample non example.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajar IPS.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data deskriptifkualitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajar IPS siswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamyaituaspekkognitifpadasiklus I (58,33%) meningkatpadasiklus II (91,67%), aspekafektifpadasiklus I 58,74% (cukup) meningkatpadasiklus II 71,66% (baik) danaspekpsikomotorikpadasiklus I 57,94% (cukup) meningkatpadasiklus II 70,7% (baik). Keterampilan guru model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide jugamengalamipeningkatanpadasiklus I 63,81% (baik) meningkatpadasiklus II 80,91% (baik). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide adalahdenganmembangkitkanaktivitassiswa agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: : Hasil Belajar, Example Non ExampleMedia Slide
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 08:58
                    Last Modified: 09 Sep 2015 08:58
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4636

                    Actions (login required)

                    View Item