Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide

FITRI ANA, DEWI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (363kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikanketerampilan guru dalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide padapembelajaran IPS siswakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Hasil belajaradalahhasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar meliputipengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspekafektif), danketerampilan (aspekpsikomotorik). Model pembelajaranexample non example adalahmodel pembelajaran yang berfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamadenganmenggunakancontoh-contoh yang dapatdiperolehdarikasusataugambar yang relevan. Media slide adalah halaman yang berisikan objek teks, gambar, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya yang terdapat pada microsoft power point yang dapat menyajikan materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam sesuai desain atau rancangan yang telah dioperasikan secara manual, remote kontrol (dari jarak tertentu) atau secara sunc-tape (operasi secara otomatis bersama dengan suara). Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dengansubjekpenelitianjumlah 24 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model pembelajaranexample non example.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajar IPS.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data deskriptifkualitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajar IPS siswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamyaituaspekkognitifpadasiklus I (58,33%) meningkatpadasiklus II (91,67%), aspekafektifpadasiklus I 58,74% (cukup) meningkatpadasiklus II 71,66% (baik) danaspekpsikomotorikpadasiklus I 57,94% (cukup) meningkatpadasiklus II 70,7% (baik). Keterampilan guru model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide jugamengalamipeningkatanpadasiklus I 63,81% (baik) meningkatpadasiklus II 80,91% (baik). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide adalahdenganmembangkitkanaktivitassiswa agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: : Hasil Belajar, Example Non ExampleMedia Slide
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 09 Sep 2015 01:58
Last Modified: 09 Sep 2015 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4636

Actions (login required)

View Item View Item