UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII D SMP 2 MEJOBO KUDUS TAHUN 2014/2015

RIZKI ADI PRADANA, MUHAMMAD (2015) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII D SMP 2 MEJOBO KUDUS TAHUN 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (2171Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (1535Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1616Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1584Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1685Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (1580Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (1534Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (1556Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (10Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kerjasama kelompok sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion, 2. Diperolehnya peningkatan kerjasama kelompok siswa setelah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion pada siswa kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Kerjasama kelompok merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.Layanan penguasaan konten merupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yang membantu para peserta didik dalam menguasai konten/keterampilan tertentu. Metode focus group discussion adalah suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kerjasama kelompok siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 32 siswa. Variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan teknik focus group discussion. Analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pra siklus menunjukkan dari 32 siswa terdapat 23 siswa persentase 72% dengan kategori sangat kurang, dan 9 siswa persentase 28% dengan kategori kurang. Rata-rata skor 16,56, rata-rata persentase 33,13% dengan kategori sangat kurang. Siklus I menunjukkan dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa dari 32 siswa terdapat 3 siswa persentase 9% dengan kategori kurang, dan 29 siswa persentase 91% dengan kategori cukup. Rata-rata skor 26,43, rata-rata persentase 52,88% dengan kategori cukup. Siklus II menunjukkan dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa dari 32 siswa terdapat 17 siswa persentase 54% dengan kategori baik, dan 15 siswa persentase 46% dengan kategori sangat baik. Rata-rata skor 39,90, rata-rata persentase 79,81% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kerjasama kelompok siswa kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Simpulan penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kerjasama kelompok siswa kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, dapat diterima dan teruji kebenarannya. Saran diberikan kepada: 1). Kepala Sekolah: Hendaknya terus mendorong guru pembimbing untuk dapat menjalankan program bimbingan dan konseling disekolah dengan baik, khususnya layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa. 2). Guru Pembimbing: Diharapkan agar guru pembimbing sekolah dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling disekolah terutama layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion sebagai upaya dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa. 3). Bagi Siswa: Diharapkan siswa dapat lebih baik dalam menjalin kerjasama dengan siswa yang lainnya sehingga kemampuan untuk bekerjasama dengan siswa yang lain dapat meningkat. 4). Bagi Peneliti Selanjutnya: Untuk mengembangkan penelitian selanjutnya maka dalam melaksanakan tindakan dalam upaya meningkatkan kerjasama kelompok siswa melalui layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion supaya lebih variatif dan inovatif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Arista Kiswantoro,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kerjasama Kelompok. Layanan Penguasaan Konten. Metode Focus Group Discussion.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 09:19
                    Last Modified: 09 Sep 2015 09:19
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4640

                    Actions (login required)

                    View Item