UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII D SMP 2 MEJOBO KUDUS TAHUN 2014/2015

RIZKI ADI PRADANA, MUHAMMAD (2015) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII D SMP 2 MEJOBO KUDUS TAHUN 2014/2015. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kerjasama kelompok sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion, 2. Diperolehnya peningkatan kerjasama kelompok siswa setelah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion pada siswa kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Kerjasama kelompok merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.Layanan penguasaan konten merupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yang membantu para peserta didik dalam menguasai konten/keterampilan tertentu. Metode focus group discussion adalah suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kerjasama kelompok siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 32 siswa. Variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan teknik focus group discussion. Analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pra siklus menunjukkan dari 32 siswa terdapat 23 siswa persentase 72% dengan kategori sangat kurang, dan 9 siswa persentase 28% dengan kategori kurang. Rata-rata skor 16,56, rata-rata persentase 33,13% dengan kategori sangat kurang. Siklus I menunjukkan dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa dari 32 siswa terdapat 3 siswa persentase 9% dengan kategori kurang, dan 29 siswa persentase 91% dengan kategori cukup. Rata-rata skor 26,43, rata-rata persentase 52,88% dengan kategori cukup. Siklus II menunjukkan dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa dari 32 siswa terdapat 17 siswa persentase 54% dengan kategori baik, dan 15 siswa persentase 46% dengan kategori sangat baik. Rata-rata skor 39,90, rata-rata persentase 79,81% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kerjasama kelompok siswa kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Simpulan penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kerjasama kelompok siswa kelas VIII D SMP 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, dapat diterima dan teruji kebenarannya. Saran diberikan kepada: 1). Kepala Sekolah: Hendaknya terus mendorong guru pembimbing untuk dapat menjalankan program bimbingan dan konseling disekolah dengan baik, khususnya layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa. 2). Guru Pembimbing: Diharapkan agar guru pembimbing sekolah dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling disekolah terutama layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion sebagai upaya dalam meningkatkan kerjasama kelompok siswa. 3). Bagi Siswa: Diharapkan siswa dapat lebih baik dalam menjalin kerjasama dengan siswa yang lainnya sehingga kemampuan untuk bekerjasama dengan siswa yang lain dapat meningkat. 4). Bagi Peneliti Selanjutnya: Untuk mengembangkan penelitian selanjutnya maka dalam melaksanakan tindakan dalam upaya meningkatkan kerjasama kelompok siswa melalui layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion supaya lebih variatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs.Arista Kiswantoro,M.Pd
Kata Kunci: Kerjasama Kelompok. Layanan Penguasaan Konten. Metode Focus Group Discussion.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 09 Sep 2015 02:19
Last Modified: 09 Sep 2015 02:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item