UPAYA MENINGKATKAN ETIKA DALAM PERGAULAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AFRIANTI, EVIK (2015) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA DALAM PERGAULAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (5Mb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (89Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (161Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1178Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1044Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (179Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (141Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (68Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan pemahaman tentang pentingnya etika dalam pergaulan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Etika pergaulan adalah sopan santun atau tatakrama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi keadaan serta tidak melanggar norma yang berlaku, baik norma agama, kesopanan, adat, hukum, dll. Brainstorming adalah suatu bentuk diskusi dimana peserta didorong untuk menyatakan gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman serta ide-ide mengenai suatu masalah tanpa adanya penilaian dari peserta lain. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP N 2 Pati dengan subyek penelitian 10 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah teknik brainstorming. Sedangkan variabel terikat adalah etika pergaulan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming, 10 siswa yang memiliki etika pergaulan rendah memperoleh hasil 25,1%/51% (sangat kurang). Setelah diberi layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming pada siklus I, etika pergaulan siswa meningkat 14% sehingga menjadi 32,0%/65% (cukup). Pada siklus II etika pergaulan siswa meningkat 12% sehingga menjadi 38,5/77% (baik). Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming dapat meningkatkan etika pergaulan siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi konselor/kolaborator : Kolaborator selaku konselor sekolah hendaknya lebih mampu membuat program layanan penguasaan konten sebagai upaya meningkatkan wawasan-wawasan lain selain etika pergaulan siswa, 2. Bagi Siswa: siswa harus menyadari pentingnya etika pergaulan terutama saat di sekolah karena sebagai faktor penunjang karirnya di masa depan, 3. Bagi Peneliti Selanjutnya: peneliti mampu mengembangkan aspek-aspek yang menjadi indikator keberhasilan dalam pelaksanaan penelitian dan mengembangkan tahapan layanan penguasaan konten secara kreatif dan inovatif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Masturi,MM
                    Uncontrolled Keywords: Etika Pergaulan, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Brainstorming.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 09:29
                    Last Modified: 09 Sep 2015 09:29
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4641

                    Actions (login required)

                    View Item