UPAYA MENINGKATKAN ETIKA DALAM PERGAULAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AFRIANTI, EVIK (2015) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA DALAM PERGAULAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (5MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (70kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan pemahaman tentang pentingnya etika dalam pergaulan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Etika pergaulan adalah sopan santun atau tatakrama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi keadaan serta tidak melanggar norma yang berlaku, baik norma agama, kesopanan, adat, hukum, dll. Brainstorming adalah suatu bentuk diskusi dimana peserta didorong untuk menyatakan gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman serta ide-ide mengenai suatu masalah tanpa adanya penilaian dari peserta lain. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP N 2 Pati dengan subyek penelitian 10 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah teknik brainstorming. Sedangkan variabel terikat adalah etika pergaulan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming, 10 siswa yang memiliki etika pergaulan rendah memperoleh hasil 25,1%/51% (sangat kurang). Setelah diberi layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming pada siklus I, etika pergaulan siswa meningkat 14% sehingga menjadi 32,0%/65% (cukup). Pada siklus II etika pergaulan siswa meningkat 12% sehingga menjadi 38,5/77% (baik). Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik brainstorming dapat meningkatkan etika pergaulan siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi konselor/kolaborator : Kolaborator selaku konselor sekolah hendaknya lebih mampu membuat program layanan penguasaan konten sebagai upaya meningkatkan wawasan-wawasan lain selain etika pergaulan siswa, 2. Bagi Siswa: siswa harus menyadari pentingnya etika pergaulan terutama saat di sekolah karena sebagai faktor penunjang karirnya di masa depan, 3. Bagi Peneliti Selanjutnya: peneliti mampu mengembangkan aspek-aspek yang menjadi indikator keberhasilan dalam pelaksanaan penelitian dan mengembangkan tahapan layanan penguasaan konten secara kreatif dan inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Masturi,MM
Uncontrolled Keywords: Etika Pergaulan, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Brainstorming.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 02:29
Last Modified: 09 Sep 2015 02:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4641

Actions (login required)

View Item View Item