Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas Iv Sd N 1 Daren Nalumsari Jepara

WIBAWATI, ERNA (2015) Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas Iv Sd N 1 Daren Nalumsari Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (827kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF
Download (231kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (345kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (339kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (183kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model Numbered Head Together dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas IV SDN I Daren Nalumsari Jepara. Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN I Daren. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang membosankan dan ada beberapa siswa yang tidak suka terhadap pelajaran matematika. Proses belajar mengajar yang berjalan selama ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya sebagian saja yang aktif. Guru masih menggunakan metode belajar konvensional dalam proses belajar dan mengajar. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil belajar pada dasarnya adalah suatu kemampuan yang berupa keterampilan dan perilaku baru sebagai akibat dari latihan atau pengalaman yang diperoleh. Hasil belajar sebagai kemampuan yang diperoleh seseorang sesudah mengikuti proses belajar. Numbered Head Together merupakan salah satu pembelajaran yang menitikberatkan pada tanggung jawab individu meskipun pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok. Model Numbered Head Together terdiri dari empat fase. Fase 1: Pengelompokan dan penomeran, Fase 2: Memberikan pertanyaan, Fase 3: Berpikir bersama, Fase 4: Menjawab. Hipotesis tindakan dalam penelitian penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar bagi siswa kelas IV SDN I Daren Nalumsari Jepara. Penelitian tindakan kelas ( PTK) ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN I Daren Nalumsari Jepara dangan subjek penelitian 22 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model Numbered Head Together yaitu 62,14 dengan ketuntasan klasikal 54,54%. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar matematika siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 63,5 dengan ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76 dengan ketuntasan klasikal 90%. Hasil belajar siswa aspek afektif, aspek psikomotorik dan keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I, Hasil belajar aspek afektif siswa sebesar 2,60 dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 2,77 dengan kriteria baik pada siklus II. Pada siklus I, hasil belajar aspek psikomotorik siswa sebesar 2,17 dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 2,97 dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I siperoleh skor rata-rata sebsar 2,7 dengan kriteria baik. Hasil tersebut meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 3,24 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN I Daren Nalumsari Jepara. Peneliti menyampaikan saran-saran sebagai berikut (1) Siswa hendaknya dapat menghargai pendapat. (2) Guru yang akan menerapkan model Numbered Head Together hendaknya menyampaikan materi prasyarat untuk mempermudah siswa memahami materi yang akan diajarkan, (3) Sekolah hendaknya mengembangkan model-model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan (4) Peneliti hendaknya memberikan penjelasan mengenai model Numbered Head Together yang baru dikenal siswa dengan lebih rinci serta mengkombinasikan model Numbered Head Together dengan model lain yang melatih siswa untuk lebih berpikir kritis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sucipto. M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Numbered Head Together (NHT), Bangun datar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 02:41
Last Modified: 09 Sep 2015 02:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4642

Actions (login required)

View Item View Item