Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd Ngepungrojo 02 Pati

SETYORINI, DWI (2015) Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd Ngepungrojo 02 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1279Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (557Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1183Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (993Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1980Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (730Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (137Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (139Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dengan penerapan problem based learning, (2) menemukan peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dengan penerapan problem based learning. Problem based learning adalah model pembelajaran yang sejak awal siswa sudah dihadapkan pada suatu masalah autentik, selanjutnya siswa mencari berbagai informasi untuk menyusun pengetahuannya guna mendapatkan penjelasan dan alternatif solusi pemecahan masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika ranah kognitif pada materi pecahan antara siklus I (73,92%), dan siklus II (91,30%), didukung dengan hasil belajar ranah afektif siklus I 72,50% (baik) menjadi 83,04% (sangat baik) pada siklus II, dan hasil belajar ranah psikomotorik siklus I 71,58% (baik) menjadi 83,77% (sangat baik) siklus II. Keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I 78% (baik) menjadi 90,50% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan problem based learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati. Disarankan dalam menerapkan model problem based learning, guru harus memberi permasalahan berkaitan dengan pengalaman siswa agar lebih mudah dipahami. Peneliti yang akan datang diharapkan dapat menyusun perencanaan pembelajaran yang matang agar diperoleh hasil yang optimal.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika, Pecahan
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 10:50
                    Last Modified: 09 Sep 2015 10:50
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4646

                    Actions (login required)

                    View Item