Peningkatan Pembelajaran Matematika Pada Materi Menentukan Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Problem Based Learning

RAHMAN ANIS, ATHOUR (2015) Peningkatan Pembelajaran Matematika Pada Materi Menentukan Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Problem Based Learning. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (538kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (207kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan meningkatkan ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV di SDN 2 Lebuawu Pecangaan Jepara. Hasil belajar adalah perubahan atau kemampuan baru yang diperoleh siswa dari pembelajaran yang diberikan oleh guru. Perubahan tersebut dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang diperoleh melalui pengalaman dalam pembelajaran. Jaring-jaring adalah sisi suatu bangun ruang yang dibuka atau direbahkan dan dapat dirangkai kembali menjadi bangun ruang. Balok adalah bangun ruang yang dibatasi enam sisi berbentuk persegi dan persegi panjang. kubus adalah sebuah bangun ruang yang dibatasi oleh enam persegi yang sama besar. Model Problem Based Learning adalah suatu model pembelajaran yang didalamnya terdapat serangkaian aktifitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Lebuawu Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning, dan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes, lembar observasi dan pedoman wawancara. teknik analisi data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai hasil belajar matematika siswa pada materi jaring-jaring balok dan kubus yang cukup signifikan antara ranah kognitif siklus I 68% (tinggi), dan siklus II 87% (sangat tinggi), ranah afektif siklus I 65,73 (baik), dan siklus II 81,79 (sangat baik), ranah psikomotorik siklus I 68,17 (baik), dan siklus II 80,87 (sangat baik). Ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Problem Based Learning juga mengalami peningkatan pada siklus I 83 (baik), dan siklus II 90 (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus kelas IV SDN 2 Lebuawu Pecangaan Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Lebuawu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan keterampilan gurudalam mengelola pembelajaran matematika materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus kelas IV SDN 2 Lebuawu Pecangaan Jepara. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Problem Based Learning, siswa hendaknya lebih aktif dalam diskusi kelompok sehingga akan muncul ide-ide kreatif dalam kegiatan pemecahan masalah, guru hendaknya menerapkan model Problem Based Learning dengan persiapan matang, terutama tentang materi yang akan disampaikan, sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana pendukung serta memanfaatkan berbagai permainan lokal (tradisional) sebagai permasalahan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika pada materi Menentukan Jaring-jaring Balok dan Kubus, Model Problem Based Learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:00
Last Modified: 09 Sep 2015 04:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4648

Actions (login required)

View Item View Item