Studi Kasus Penerapan Model Konseling Client Centered Untuk Menangani Rasa Kebimbangan Siswa Kelas XII IPA 1 SMA 2 Kudus Dalam Menentukan STudi Lanjut ke Perguruan Tinggi 2012/2013

Rahmawati, Ika (2012) Studi Kasus Penerapan Model Konseling Client Centered Untuk Menangani Rasa Kebimbangan Siswa Kelas XII IPA 1 SMA 2 Kudus Dalam Menentukan STudi Lanjut ke Perguruan Tinggi 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (291kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (90kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (90kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (122kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi ini dilatar belakangi karena banyaknya yang kita temui di SMA 2 Kudus khususnya kelas XII IPA 1 jarang sekali menempuh pendidikan lanjut ke Perguruan Tinggi tidak berdasarkan bakat dan minatnya, kebanyakan dari mereka ada yang masuk ke Perguruan Tinggi karena tuntutan atau paksaan dari orang tua, bahkan tak jarang mereka bimbang hendak melanjutkan ke mana serta karena motif ekonomi agar lekas mendapatkan pekerjaan sehingga timbullah rasa kebimbangan dan kecemasan dalam memilih studi lanjut ke Perguruan Tinggi. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah faktor-faktor penyebab kebimbangan siwa kelas XII IPA 1 SMA 2 Kudus dalam menentukan studi lanjut ke Perguruan Tinggi dan seberapa besar keefektifan penerapan model konseling client centered untuk mengatasi kebimbangan siswa dalam menetukan studi lanjut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa siswi kelas XII IPA 1 SMA 2 Kudus mengalami kebimbangan dalam menentukan Studi lanjut ke Perguruan Tinggi dan untuk mengetahui keefektian model konseling Client Centered dalam membantu menangani permasalahan siswa – siswi kelas XII IPA 1 yang mengalami kebimbangan dalam menentukan Studi lanjut ke Perguruan Tinggi. Kegunaan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Kegunaan Teoritis yaitu memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling khususnya menyangkut keefektifan model konseling Client Centered. Kegunaan Praktis bagi siswa yaitu menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam menggali kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran ke studi lanjut khususnya ketika berada di Perguruan tinggi. Siswa senang dalam belajar, berinteraksi di lingkungan kampus, masyarakat, dan forum, berani bertanya, mau membelajarkan kepada masyarakat mengenai pengetahuan yang telah dikuasainya. Bagi guru yaitu diharapkan dapat membantu memberikan informasi khususnya kepada guru dalam upaya membimbing dan memotivasi siswa dalam menangani kebimbangan menentukan studi lanjut ke Perguruan Tinggi. Bagi kepala sekolah mampu memberikan kontribusi dalam pengambilan kebijakan di Sekolah. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif Studi kasus. Fokus penelitian adalah 3 (tiga) siswa kelas XII IPA 1 SMA 2 Kudus yang mengalami kebimbangan dalam menentukan Studi lanjut ke Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, metode dokumentasi, metode observasi, studi Literature,dan metode home visit. Peneliti menemukan penyebab kebimbangan siswa kelas XII IPA 1 SMA 2 Kudus dalam menentukan STudi lanjut ke Perguruan Tinggi adalah : 1. Faktor internal yaitu kurangnya minat belajar siswa terhadap dunia pendidikan dalam Perguruan Tinggi dan kurangnya harapan dari diri sendiri untuk menjadi lebih maju dan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik. 2. Faktor ekSTernal yaitu kurangnya biaya ekonomi keluarga, kurangnya motivasi dan dukungang orang tua, tidak terpenuhinya persyaratan dan hambatan waktu, tingginya biaya pendidikan di Perguruan Tinggi serta pengaruh lingkungan masyarakat sekitar. Upaya menangani siswa yang mengalami kebimbangan dalam menentukan STudi lanjut ke Perguruan Tinggi diberikan layanan konseling individu dengan menerapkan pendekatan konseling client centered untuk membantu masalah yang dihadapi klien dengan pendekatan konseling Client Centered, digunakan beberapa teknik frame work diantaranya : Acceptance, respect, understanding,reassurance, encouragement, limited questioning ,dan reflection. Peneliti memberikan kesimpulan terhadap klien 1 yaitu ST : klien ST mengalami kebimbangan dalam mengambil keputusan untuk memilih kuliah sesuai minat dan kemampuannya sendiri ataukah sesuai dengan keinginan orang tua, hal tersebut sangat mengganggunya bahwa sebenarnya dirinya ingin sekali membicarakan hal tersebut kepada kedua orang tuanya namun dirinya takut melukai perasaan dan harapan mereka satu-satunya adalah ST. saran kepada : 1. Kepala Sekolah untuk memberikan kebijakan kepada siswa siswi yang memiliki bakat dan minat di bidang pendidikan. 2. Kepada guru bimbingan konseling memberikan sosialisasi dan layanan BK karir mengenai perencanaan Studi lanjut ke Perguruan Tinggi. 3. Kepada orang tua supaya memberikan dukungan moral dan finansial untuk memenuhi kebutuhan pendidikan lanjut putra putrinya. 4. Kepada siswa / klien supaya merencanakan pilihan Studi lanjut dengan tepat dan mampu mempertanggung jawabkan keputusan yang telah diambilnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I dan II adalah Drs. Sabar Rutoto M.Pd dan Drs. AriSTa Kiswantoro.
Uncontrolled Keywords: Konseling Client Centered dan Kebimbangan menentukan Studi lanjut.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah menengah atas (SMA)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 06 Nov 2012 03:41
Last Modified: 06 Nov 2012 03:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item