THE USE OF THREE PHASE READING TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION (A CASE STUDY OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT SMA PGRI 2 KAYEN PATI IN ACADEMIC YEAR 2014/2015)

NOVITA, AYU (2015) THE USE OF THREE PHASE READING TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION (A CASE STUDY OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT SMA PGRI 2 KAYEN PATI IN ACADEMIC YEAR 2014/2015). Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (505Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (189Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (268Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (204Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (217Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (171Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (95Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (214Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1067Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Salah satu teknik yang harus disiapkan dan dilakukan oleh guru didalam kelas adalah teknik pengajaran pemahaman bacaan. Salah satu tujuan pentingnya membaca adalah mengetahui tujuan dari teks. Untuk mengetahui tujuan dari teks, pembaca membutuhkan teknik pemahaman. Berdasarkan dari hasil observasi di SMA PGRI 2 Kayen Pati, dapat terlihat pemahaman membaca siswa masih rendah, banyak siswa yang takut dan mengganggap bahasa Inggris sulit untuk dipelajari. Guru yang mengajar di SMA PGRI 2 Kayen Pati menggunakan teknik Three Phase Reading dalam pengajaran pemahaman membaca. Di teknik three phase reading ada tiga bagian; kegiatan sebelum membaca teks, kegiatan sedang membaca teks dan kegiatan sesudah membaca teks. Di setiap bagian guru dapat memasukkan banyak kegiatan, Tujuan dari penelitian untuk menjabarkan; (i) menjabarkan penggunaan teknik three phase reading dalam pengajaran pemahaman membaca dikelas sepuluh SMA PGRI 2 Kayen Pati. (ii) menjabarkan presepsi siswa tentang penggunaan teknik three phase reading dalam pengajaran pemahaman membaca dikelas sepuluh SMA PGRI 2 Kayen Pati. Penelitian ini adalah kualitative, menggunakan tiga cara pengumpulan data; observasi kelas, wawancara dan pemberian soal. Studi kasus dipilih karena untuk mengobservasi teknik guru dalam pengajar pemahaman membaca dan presepsi siswa terhadap penggunaan teknik tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah semua guru dalam mengajar pemahaman membaca menggunakan teknik three phase reading untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami bacaan yang dirumuskan dalam kegiatan sebelum membaca teks, kegiatan sedang membaca dan kegiatan setelah membaca teks. Guru pertama dikegiatan sebelum dan sedang membaca teks menggunakan kegiatan yang tidak sesuai dengan teori. Guru pertama harus memahami teknik three phase reading adalah sebuah teknik untuk mengajar pemahaman membaca tidak untuk kemampuan berbicara, harusnya kegiatan yang digunakan seperti kegiatan untuk pemahaman membaca. Sedangakan guru kedua semua kegiatannya menggunakan kegiatan yang sesuai dengan teori tapi guru kedua di kegiatan sedang membaca teks seperti kegiatan untuk kemampuan menulis tidak seperti kegiatan pemahaman membaca tapi hasilnya siswa membaca hasil diskusinya didepan kelas. Presepsi siswa terhadap teknik guru dalam pengajaran pemahaman membaca. Dari hasil pemberian soal, yang pertama di kelas (X-1) siswa memberikan jawaban 32,6 % dikolom sangat setuju, dikolom setuju 58,3 %, dikolom tidak mempunyai jawaban 1,6%, dikolom sangat tidak setuju 1,3 %, dan dikolom tidak setuju 6,0 %. Guru kedua dikelas (X-4) siswa memberikan jawaban 36,3 % dikolom sangat setuju, dikolom setuju 43,0 %, dikolom tidak mempunyai jawaban 11,6 %, dikolom sangat tidak setuju 2,6 %, dan dikolom tidak setuju 6,3%. Hasil presepsi siswa terhadap penggunaan three phase reading teknik dalam pengajaran pemahaman membaca dikelas (X-4) mendapat nilai tertinggi di kolom sangat setuju dibanding dengan (X-1). Jadi, siswa merasa mudah untuk memahami sebuah materi yang diajarkan oleh guru kedua, Oleh karena itu, penulis memberikan saran kepada guru yang mengajar bahasa Inggris di SMA PGRI 2 Kayen Pati, mereka dapat menggembangkan pengetahuan terhadap penggunaan teknik three phase reading dalam pengajaran pemahaman membaca dikelas. Untuk siswa SMA PGRI 2 Kayen Pati, mereka mudah untuk memahami ketika belajar bahasa Inggris dikelas terutama dalam pemahaman membaca menggunakan teknik three phase reading.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Atik rokhayani,S.Pd,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Membaca, Pengajaran pemahaman bacaan, Teknik guru
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 11:48
                    Last Modified: 09 Sep 2015 11:48
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4655

                    Actions (login required)

                    View Item