PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SD 3 PANJANG KUDUS

DWIRETNOWATI, PIPIT (2015) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SD 3 PANJANG KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (514kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (186kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahuihasilbelajarPKnpadamateriglobalisasisiswakelas IV SD 3 Panjang Kudus denganmenerapkanmetodeTalking StickdanMendeskripsikan keterampilan guru padamateriglobalisasisiswakelas IV SD 3 Panjang Kudus denganmenerapkanmetodeTalking Stick. Metodetalking stickmerupakanmetodepembelajaran yang mendorongpesertadidikuntukberanimengemukakanpendapatdenganmenggunakantongkatsaatpembelajaranberlangsung.Langkah-langkahmetodetalking stick (1) menyiapkantongkat (2) menyampaikanmateripokokpelajaran (3) berdiskusimembahasmasalah (4) membacamateripelajaran (5) mengambiltongkat (6) kesimpulan (7) evaluasi (8) penutup. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di SD 3 Panjangpadakelas IV, denganmenggunakandesain model PenelitianTindakanKelasKemmisdan Mc. TaggartdalamArikunto.Variabelbebas yang ditelitiyaitumetodeTalking Stick, sedangkan variable terikatnyayaitupeningkatanhasilbelajarsiswamateripengaruhglobalisasiterhadaplingkungansiswakelas IV SD 3 PanjangKecamatanBaeKabupaten Kudus.Metodepengumpulan data melaluimetodewawancara, observasi, tesdandokumentasi.Teknikanalisis data meliputiteknikanalisis data kualitatifdankuantitatif. Hasilpenelitiansiklus I menunjukkan rata-rata hasilbelajarmencapai 75,93denganketuntasanklasikal 68,75% danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 82,18 denganketuntasanklasikal 81,25%. Ranahafektifpadasiklus I mencapaipersentase 64,68% dengankriteria “cukup” danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 81,75% dengankriteria “baik”. Ranahpsikomotorikpadasiklus I mencapaipersentase 66,29% dengankriteria “baik” danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 80,91% dengan criteria “baik”. Keterampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I mencapaipersentase 67,04% dengan criteria “ baik” danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 86,04% dengankriteria “sangatbaik”. Simpulandalampenelitianiniyaitupenerapanmetode talking stick dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnpadamateriGlobalisasikelas IV SD 3 Panjang Kudus.Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamengikutipembelajarandenganbaikdanlebihaktif agar hasilbelajarmeningkat.Sarannuntuk guru, diharapkanmetodeTalking stickdapatmenjadireferensidalammeningkatkanketerampilan guru.Saran untukkepalasekolah, sebaiknyamemotivasi guru untukmelakukanperbaikanpendidikandanpengajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: metodeTalking Stick,HasilbelajarPKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 05:25
Last Modified: 09 Sep 2015 05:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item View Item