DWIRETNOWATI, PIPIT (2015) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SD 3 PANJANG KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman_judul.pdf - Accepted Version Download (514kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
Bab_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (158kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahuihasilbelajarPKnpadamateriglobalisasisiswakelas IV SD 3 Panjang Kudus denganmenerapkanmetodeTalking StickdanMendeskripsikan keterampilan guru padamateriglobalisasisiswakelas IV SD 3 Panjang Kudus denganmenerapkanmetodeTalking Stick. Metodetalking stickmerupakanmetodepembelajaran yang mendorongpesertadidikuntukberanimengemukakanpendapatdenganmenggunakantongkatsaatpembelajaranberlangsung.Langkah-langkahmetodetalking stick (1) menyiapkantongkat (2) menyampaikanmateripokokpelajaran (3) berdiskusimembahasmasalah (4) membacamateripelajaran (5) mengambiltongkat (6) kesimpulan (7) evaluasi (8) penutup. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di SD 3 Panjangpadakelas IV, denganmenggunakandesain model PenelitianTindakanKelasKemmisdan Mc. TaggartdalamArikunto.Variabelbebas yang ditelitiyaitumetodeTalking Stick, sedangkan variable terikatnyayaitupeningkatanhasilbelajarsiswamateripengaruhglobalisasiterhadaplingkungansiswakelas IV SD 3 PanjangKecamatanBaeKabupaten Kudus.Metodepengumpulan data melaluimetodewawancara, observasi, tesdandokumentasi.Teknikanalisis data meliputiteknikanalisis data kualitatifdankuantitatif. Hasilpenelitiansiklus I menunjukkan rata-rata hasilbelajarmencapai 75,93denganketuntasanklasikal 68,75% danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 82,18 denganketuntasanklasikal 81,25%. Ranahafektifpadasiklus I mencapaipersentase 64,68% dengankriteria “cukup” danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 81,75% dengankriteria “baik”. Ranahpsikomotorikpadasiklus I mencapaipersentase 66,29% dengankriteria “baik” danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 80,91% dengan criteria “baik”. Keterampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I mencapaipersentase 67,04% dengan criteria “ baik” danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 86,04% dengankriteria “sangatbaik”. Simpulandalampenelitianiniyaitupenerapanmetode talking stick dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnpadamateriGlobalisasikelas IV SD 3 Panjang Kudus.Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamengikutipembelajarandenganbaikdanlebihaktif agar hasilbelajarmeningkat.Sarannuntuk guru, diharapkanmetodeTalking stickdapatmenjadireferensidalammeningkatkanketerampilan guru.Saran untukkepalasekolah, sebaiknyamemotivasi guru untukmelakukanperbaikanpendidikandanpengajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | metodeTalking Stick,HasilbelajarPKn |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 05:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 05:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4659 |
Actions (login required)
View Item |