THE USE OF “HAPPY WRITING BOOK” TO IMPROVE THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT (A Classroom Action Research in the First Year Grade of SMAN 3 Pati in the Academic Year 2014/2015)

BENTARIANISKA, OKI (2015) THE USE OF “HAPPY WRITING BOOK” TO IMPROVE THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT (A Classroom Action Research in the First Year Grade of SMAN 3 Pati in the Academic Year 2014/2015). Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pengetahuan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (703kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (341kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (555kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (312kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam peneletian ini berdasarkan kesulitan siswa dalam menulis recount teks dengan menggunakan kata- kata mereka sendiri. Happy Writing Book dapat menjadi jalan alternatif untuk masalah tersebut. Happy Writing Book adalah buku yang mendokumentasikan proses menulis cerita yang telah diselesaikan oleh siswa yang mana topiknya dibatasi dalam pengalaman bahagia siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui apakah Happy Writing Book dapat meningkatkan kemampuan menulis recount teks siswa atau tidak, (2) mendeskripsikan bagaimana penerapan Happy Writing Book dalam meningkatkan kemampuan menulis recount teks siswa di kelas sepuluh SMA N 3 PATI dalam tahun pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa dari kelas sepuluh MIA 1 (jurusan matematika dan ilmu alam). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang kolaboratif antara guru bahasa inggris kelas MIA 1 dan saya. Guru menjadi guru yang mengimplementasikan Happy Writing Book sedangkan saya menjadi pengobservasi yang mengobservasi berlangsungnya pembelajaran dan kondisi dikelas. Penelitian ini berisi dua siklus dan setiap siklus berisi tentang rencana, aksi, observasi, dan refleksi. Persiapan penelitian sudah dilakukan sebelum dilakuan siklus. instrumen yang digunakan adalah catatan lapangan, dokumen (Happy Writing Book), dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi menulis siswa dalam menulis recount teks. Ini dapat dilihat dari rata- rata di persiapan penelitian 70, 76 berarti cukup, siklus I 76, 3 berarti cukup dan siklus II 80, 94 berarti bagus. Hasil dari catatan lapangan menunjukkan bahwa siswa dengan berani memberikan umpan balik, bertanya langsung dengan guru, dan bekerjasama dengan baik saat membandingkan pekerjaan atau berdiskusi dengan temanya. Lebih lagi dari hasil angket menunjukkan bahwa hampir semua siswa memberikan respon yang positif terhadap pengimplementasian di siklus I dan sikllus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Happy Writing Book dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis recount teks pada kelas sepuluh SMA N 3 PATI dalam tahun ajaran 2014/2015 di semester dua. Disarankan untuk guru bahasa inggris untuk mengaplikasikan Happy Writing Book dalam mengajar recount teks, dan untuk memahami karakter siswa dengan baik saat mengajar

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Muh,Syafei,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Happy Writing Book, Kemampuan Menulis, Recount Teks.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 06:08
Last Modified: 09 Sep 2015 06:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4666

Actions (login required)

View Item View Item