IMPROVING STUDENTS VOCABULARY MASTERY OF THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN O1 WONOSEKAR PATI BY USING BEETLE DRIVE GAME IN ACADEMIC YEAR 2014/2015

Tanaya, Elin (2015) IMPROVING STUDENTS VOCABULARY MASTERY OF THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN O1 WONOSEKAR PATI BY USING BEETLE DRIVE GAME IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (711Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (179Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (196Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (434Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (668Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (343Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (144Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (90Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3210Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Bahasa sangat penting untuk mengungkapkan sesuatu dan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu bagian penting dalam menghasilkan dan memahami bahasa adalah penguasaan kosakata. Kosakata merupakan salah satu komponen yang paling penting yang harus diberikan. Kosakata harus dikuasai oleh siswa dalam mempelajari bahasa baru. Kosakata akan membantu siswa memahami bahasa dengan mudah. Faktanya, siswa kelas 5 SDN 01Wonosekar Pati sangat sulit untuk memahami arti dari kata-kata dan sulit untuk menghafal kata-kata yang telah mereka pelajari. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal kata-kata tepatnya dalam menguasai kosakata bahasa inggris. Siswa mudah lupa arti kata-kata yang telah mereka pelajari. Dan selama proses belajar mengajar, siswa mudah bosan dan tidak tertarik dalam mempelajari bahasa inggris. Maka dari itu, peneliti mengajukan teknik Beetle Drive untuk mengatasi masalah para siswa tesebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kegiatan siswa dan guru dari penggunaan Beetle Drive dalam meningkatkan kemampuan kosakata siswa kelas V SDN 01 Wonosekar Pati tahun pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui apakah Beetle Drive dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa kelas V SDN 01 Wonosekar Pati tahun pelajaran 2014/2015. (3) Untuk mendeskripsikan respon siswa dari penggunaan Beetle Drive dalam meningkatkan kemampuan kosakata siswa kelas V SDN 01 Wonosekar Pati tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Wonosekar Pati, sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang tediri dari 24 siswa. Penelitian ini diselesaikan dalam 2 siklus. Terdapat dua kali pertemuan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, terdapat empat instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Empat instrumen tersebut yaitu lembar observasi, tes, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, pada pra-siklus, nilai rata-rata siswa 52,5 dan presentase kelas 16,67% yang berarti bahwa 4 siswa yang mencapai KKM. Pada siklus I penguasaan kosakata siswa meningkat dari pra-siklus yang nilai rata-rata siswa menjadi 65,83 dan presentase kelas 54,16% yang berarti bahwa 13 siswa yang mencapai KKM. Peneliti mengakhiri penelitian tindakan kelas di siklus II. Kemampuan kosakata siswa dari siklus II meningkat dari siklus I yang nilai rata-rata siswa menjadi 72,91 dan presentase kelas 87,5% yang berarti bahwa 21 siswa yang mencapai KKM. Nilai peningkatan siswa dalam penguasaan kosakata dari pra-siklus ke siklus I 25,39% dan dari pra-siklus ke siklus II 38,87%. Kriteria dari indikator keberhasilan adalah jika 75% siswa dapat mencapai KKM (70) atau lebih. Data menunjukkan bahwa presentase kelas 87,5% yang berarti bahwa 21 siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Beetle Drive dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 5 SDN 01 Wonosekar Pati tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan fakta-fakta diatas, peneliti memberikan saran kepada guru Bahasa Inggris bahwa Beetle Drive dapat di implementasikan oleh guru-guru dalam proses belajar mengajar sebagai tehnik mengajar untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Titis Sulistyowati S.Pd.,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kosakata, Beetle Drive, Penelitian Tindakan Kelas
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 13:25
                    Last Modified: 09 Sep 2015 13:25
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4668

                    Actions (login required)

                    View Item