Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 1 Sidomulyo

SETYARINI, PUJI (2015) Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 1 Sidomulyo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1225Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (830Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1088Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (983Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1838Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (938Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (836Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (837Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Example Non Example pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 1 Sidomulyo. 2). Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model Example Non Example pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 1 Sidomulyo. 3)Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SD 1 Sidomulyo melalui penerapan model Example Non Example. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar sebagai bukti keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Model Example Non Example merupakan model pembelajaran yang menitik beratkan pada pemahaman terhadap masalah yang dihadapi. Model ini mengharuskan siswa untuk berfikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang termuat dalam gambar-gambar yang disajikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD 1 Sidomulyo yang berjumlah 15 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Example Non Example, sedangkan variabel terikat yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dilakukan dalam empat pertemuan dengan dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara guru, observasi aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru, tes, serta dokumentasi. Dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan soal tes pilihan ganda. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 ke siklus 2, dari 60% menjadi 87%. Nilai rata-rata tes evaluasi juga meningkat dari 71,33 menjadi 79. Peningkatan juga terjadi untuk skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari 2,64 pada kriteria baik menjadi 2,83 dengan kriteria baik. Selain itu keterampilan mengajar peneliti juga meningkat dari 2,85 dengan kriteria baik menjadi 3,28 dalam kriteria baik. Bedasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Sidomulyo. Peneliti meyatakan bahwa upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran IPS, guru sebaiknya menyajikan pembelajaran yang menarik bagi siswa, sehingga siswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya dengan model Example Non Example sebaiknya dapat membimbing setiap karakter siswa dengan tepat untuk memahami dan menyelesaikan masalah, serta peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperlihatkan waktu pengelolaan pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Drs. Sucipto, M.P.d, Kons
                    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 09:23
                    Last Modified: 10 Sep 2015 09:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4682

                    Actions (login required)

                    View Item