Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Kelas Iv Sd 2 Pasuruhan Kidul Kudus

AYU LESTARI, WINDA (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Kelas Iv Sd 2 Pasuruhan Kidul Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (455Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (174Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (265Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (297Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1875Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (203Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (180Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (171Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran think talk write Kelas IV SD 2 Pasuruhan Kidul Kudus. Keterampilan menulis karangan narasi adalah kemampuan seseorang dalam mengisahkan suatu kejadian/peristiwa ke dalam tulisan melalui kalimat yang dirangkai secara utuh dan jelas sehingga pembaca seolah-olah bisa melihat/mengalami sendiri peristiwa itu. Model pembelajaran think talk write adalah model pembelajaran yang mengembangkan proses berpikir dalam memahami maksud dari tugasnya, berbicara/berdiskusi dengan kelompoknya mengutarakan pendapat tentang isi tugas dan menuliskan hasil diskusi kelompok tentang isi dari tugas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Pasuruhan Kidul dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini model pembelajaran think talk write dan variabel terikat penelitian ini keterampilan menulis karangan narasi. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa antara siklus I (57.89%) dan siklus II (84,21%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I 57,44% (sedang) menjadi 79,02% (tinggi) siklus II. Pengelolaan model pembelajaran think talk write juga mengalami peningkatan pada siklus I 60,72% (tinggi) menjadi 80,36% (sangat tinggi). Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SD 2 Pasuruhan Kidul Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Pasuruhan Kidul dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SD 2 Pasuruhan Kidul Kudus. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dan model pembelajaran think talk write dapat dijadikan alternative untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: : Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Think Talk Write.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 09:38
                    Last Modified: 10 Sep 2015 09:38
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4687

                    Actions (login required)

                    View Item