Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas V Sekolah Luar Biasa Tunarungu Yayasan Pendidikan Luar Biasa Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012

Widyastuti, Wiwin (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas V Sekolah Luar Biasa Tunarungu Yayasan Pendidikan Luar Biasa Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (524kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (75kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (40kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (580kB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya siswa kelas V SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak yang memiliki keterampilan menulis puisi rendah. Permasalahan yang diteliti adalah: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak tahun pelajaran 2011/2012?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak tahun pelajaran 2011/2012 setelah diberikan layanan penguasaan konten. 2. Menemukan seberapa besar peningkatan menulis puisi siswa kelas V SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak tahun pelajaran 2011/2012 setelah diberikan layanan penguasaan konten. Adapun kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan teoritis: penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling tentang model-model pembinaan siswa dengan menggunakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Penelitian ini juga dapat dijadikan dasar untuk penelitian selanjutnya. 2. Kegunaan praktis: a. Penelitian ini dapat memberikan alternatif pemecahan atau bantuan kepada siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi dan dapat mengembangkan keterampilan guru dalam mengampu bahasa Indonesia. b.Siswa dapat meningkatkan prestasi dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi. c. Bagi SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak, penelitian ini dapat memberikan manfaat dalam peningkatan mutu pendidikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas sekolah. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah: subyek penelitian hanya dibatasi pada siswa kelas V SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak tahun pelajaran 2011-2012, obyek yang diteliti adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas V SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan 2 siklus. Lokasi penelitian di SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak, subjek penelitian 3 siswa. Variabel penelitian meliputi variabel X (layanan penguasaan konten) dan variabel Y (keterampilan menulis puisi). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil analisis: berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas peneliti melalui pendekatan high touch dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I mendapat rata-rata 46,67% dengan kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 73,33% masuk kategori baik. Selanjutnya pada siklus I pendekatan high tech dengan rata-rata 49,33% kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 78,67%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I mendapat rata-rata 59,95% kategori cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 75,56% kategori baik. Pengamatan situasi dan kondisi siklus I rata-rata 44,44% kategori cukup dan siklus II rata-rata 80% kategori baik. Simpulan: 1. Berdasarkan hasil observasi sebelum diberikan layanan penguasaan konten keterampilan menulis puisi siswa rendah dengan perolehan skore rata-rata 10,33. Setelah diberikan layanan penguasaan konten pada siklus I keterampilan menulis puisi siswa mengalami peningkatan dalam aspek menentukan judul puisi dan menyusun kalimat, dengan mendapatkan skore rata-rata 24,33 (Baik) dan pada siklus II setelah diberikan layanan penguasaan konten keterampilan menulis puisi siswa meningkat dalam aspek mengamati obyek, menentukan judul puisi, menyusun kalimat dan menggunakan kalimat pendek, dengan perolehan skore rata-rata 30,33 (Sangat Baik). Jadi, melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak tahun pelajaran 2011/2012. 2. Sebelum diberikan layanan penguasaan konten keterampilan menulis puisi siswa diperolehan skore rata-rata 10,33. Setelah diberikan layanan penguasaan konten pada siklus I sampai siklus 2 keterampilan menulis puisi siswa mengalami peningkatan dari 10,33→30,33. Jadi, ada peningkatan dari sebelum dan setelah diberi layanan penguasan konten yaitu 20. Berdasarkan simpulan di atas saran yang diberikan adalah: 1. Kepala Sekolah memotivasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, misalnya dengan melakukan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Lebih memperhatikan siswa-siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan agar tujuan pendidikan nasional dapat terwujud. 2. Guru kelas (konselor sekolah) hendaknya memasukkan layanan penguasaan konten sebagai salah satu program bimbingan dan konseling di sekolah dan memberikan layanan penguasaan konten kepada siswa secara berkala karena selama ini siswa jarang sekali mengikuti layanan penguasaan konten. 3. Siswa harus menyadari akan pentingnya belajar mengenai keterampilan menulis puisi terutama saat di sekolah atau pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd, 2. Drs. Masturi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Layanan Penguasaan Konten.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial > Perlindungan, bantuan dan keringanan > Kelompok khusus > Anak-anak > Anak-anak berkebutuhan khusus
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Puisi
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan anak dan remaja berkebutuhan khusus. Pendidikan anak dan remaja berbakat.
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 06 Nov 2012 04:25
Last Modified: 06 Nov 2012 04:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item