Improving Students’ Speaking Ability By Using Conversational Shadowing Technique (A Classroom Action Research At The Tenth Graders 2 Of Sma N 1 Jakenan Pati In 2014/2015 Academic Year)

Lestari, Suci (2015) Improving Students’ Speaking Ability By Using Conversational Shadowing Technique (A Classroom Action Research At The Tenth Graders 2 Of Sma N 1 Jakenan Pati In 2014/2015 Academic Year). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (644Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (289Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (285Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (484Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (738Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (279Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (223Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (260Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2040Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berbicara adalah ketrampilan produktif yang telah menjadi ketrampilan paling dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Kemampuan berbicara adalah kemampuan siswa dalam mengekspresikan ide-ide sendiri secara lisan yang mana direpresentasikan pada nilai berbicara. Siswa harus mampu berbicara bahasa inggris secara lancar. Conversational shadowing adalah salah satu efektif tehnik pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Jadi, penulis menerapkan conversational shadowing sebagai tehnik untuk mengajar berbicara pada siswa yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah tehnik conversational shadowing dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X-2 SMA N 1 Jakenan Pati tahun ajaran 2014/2015 dan untuk mendeskripsikan proses belajar mengajar dengan menggunakan tehnik conversational shadowing pada siswa kelas X-2 SMA N 1 Jakenan Pati tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Design ini meliputi empat langkah, yang dinamakan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penulis melakukan penelitian ini dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Jakenan Pati tahun ajaran 2014/2015. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA N 1 Jakenan Pati tahun ajaran 2014/2015 yang mana mempunyai 43 siswa. Penulis menggunakan dua alat untuk mengumpulkan data, diantaranya: lembar observasi dan tes lisan. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Tes lisan dilakukan untuk menilai kemampuan siswa dalam berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. tehnik conversational shadowing dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X-2 SMA N 1 Jakenan Pati tahun ajaran 2014/2015. Dari pembahasan penelitian ini, kemampuan berbicara siswa kelas X-2 SMA N 1 Jakenan Pati tahun ajaran 2014/2015 diajar dengan menggunakan tehnik conversational shadowing adalah 68.93 kategori cukup di siklus pertama dan 76.09 kategori baik di siklus kedua. 2. Implementasi kemampuan berbicara siswa pada kelas X-2 SMA N 1 Jakenan Pati meningkat. Dari pembahasan penelitian ini, siswa di siklus pertama masih tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi di depan kelas. Mereka tidak menerapkan shadowing di percakapan dengan baik. Di siklus kedua siswa menunjukkan kemajuan yang baik dalam proses belajar mengajar. Penulis menyarankan kepada guru bahasa inggris lainnya untuk menggunakan conversational shadowing sebagai salah satu tehnik yang efektif untuk mengajar berbicara. Dengan menggunakan tehnik conversational shadowing, siswa dapat mengingat apa yang pembicara ucapkan. Siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara kepada lainnya dalam pengajaran berbicara bahasa inggris. Dia juga menyarankan kepada peneliti lainnya untuk menggunakan penelitian ini sebagai referensinya untuk membuat penelitian baru.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Suprihadi, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Tehnik Conversational Shadowing, dan Siswa Kelas X-2 SMA N 1 Jakenan Pati Tahun Ajaran 2014/2015.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 10:07
                    Last Modified: 10 Sep 2015 10:07
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4690

                    Actions (login required)

                    View Item