Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Kelas Iv Sd 1 Prambatan Lor Tahun Ajaran 2014/2015

FITRI, ELISA (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Kelas Iv Sd 1 Prambatan Lor Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (927Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (469Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (648Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (994Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2720Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (504Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (336Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (303Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan menemukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 1 Prambatan Lor. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia dan menerima pengalaman belajarnya. Numbered Heads Togethermerupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan Lor dengan Subjek Penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Numbered Heads Together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar PKn pada materi globalisasi yang cukup signifikan antara siklus I (56,52%) dan siklus II (91,30%), didukung dengan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 61,05% (cukup) menjadi 75,72% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Head Together juga mengalami peningkatan pada siklus I 64% (baik) menjadi 90% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SD 1 Prambatan Lor tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Prambatan Lor dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SD 1 Prambatan Lor tahun ajaran 2014/2015. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Numbered Head Together, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya berpikirnya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dra.Sumarwiyah, M.Pd, Kons
                    Uncontrolled Keywords: :Numbered Heads Together, Hasil Belajar PKn, Globalisasi.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 10:13
                    Last Modified: 10 Sep 2015 10:13
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4691

                    Actions (login required)

                    View Item