Pkn MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY MATERI PENGARUH GLOBAL HASIL BELAJAR ISASI DI LINGKUNGANNYA KELAS IV SDN I MENGANTI PENINGKATAN KEDUNG JEPARA

ARYANI, YUNITA (2015) Pkn MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY MATERI PENGARUH GLOBAL HASIL BELAJAR ISASI DI LINGKUNGANNYA KELAS IV SDN I MENGANTI PENINGKATAN KEDUNG JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul)
Download (747kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (448kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (579kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (948kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (483kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (252kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Pengaruh Globalisasi di Lingkungannya kelas IV SDN I Menganti Kedung Jepara. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa dari proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Course Review Horay adalah metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak ‘horee!!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN I Menganti Kedung Jepara dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Course Review Horay. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar PKn siswa pada materi pengaruh globalisasi di lingkungannya yang cukup signifikan antara pra siklus (48%), siklus I (65,2%), dan siklus II (82,6%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar afektif dan psikomotorik siswa pada siklus I afektif 66,76 (baik) menjadi 82,78 (baik) siklus II. Pada siklus I psikomotorik 66,9 (baik) menjadi 76,5 (baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengaruh globalisasi di lingkungannya kelas IV SDN I Menganti Kedung Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN I Menganti Kedung Jepara dapat disimpulkan bahwa penggunaan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengaruh globalisasi di lingkungannya kelas IV SDN I Menganti Kedung Jepara. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model course review horay, guru harus memberi inovasi yang lebih menarik di dalam pembelajaran sehari-hari agar membuat siswa tertarik dan mudah paham dengan materi yang diberikan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Sumarwiyah,M.Pd,Koms
Uncontrolled Keywords: : Course Review Horay, Hasil Belajar, Pengaruh Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 03:22
Last Modified: 10 Sep 2015 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item View Item