Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat Kelas Iv Sd 5 Ngembalrejo Kudus

WAHYU WIDAYANTI, DINA (2015) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat Kelas Iv Sd 5 Ngembalrejo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (932kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (368kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (409kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (156kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran PKn materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Make A Match adalah suatu model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep melalui suatu permainan kartu pasangan yang membuat siswa menjadi lebih aktif. Hasil belajar PKn adalah perubahan yang terjadi pada siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran PKn. PKn adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk identitas yang memungkinkan individu-individu merasakan makna kepemilikan, hak dan kewajiban sosial dalam komunitas politik (negara). Dalam penelitian ini dibatasi pada materi organisasi pemerintahan tingkat pusat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Penelitian ini dilaksanakan di SD 5 Ngembelrejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Make A Match sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Uji validitas instrumen tes menggunakan validitas empiris dengan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas data menggunakan teknik K-R 20. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor rata-rata 2,88 dengan kriteria baik dan pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 3,32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,57 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 3,41 dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar PKn pada siklus I sebesar 70,76 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,07% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 80,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 80,76%. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: :Make A Match, Hasil Belajar PKn, Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 03:27
Last Modified: 10 Sep 2015 03:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item