Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat Kelas Iv Sd 5 Ngembalrejo Kudus

WAHYU WIDAYANTI, DINA (2015) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat Kelas Iv Sd 5 Ngembalrejo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (911Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (175Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (359Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (400Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (3214Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (222Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (100Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (153Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (17Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran PKn materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Make A Match adalah suatu model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep melalui suatu permainan kartu pasangan yang membuat siswa menjadi lebih aktif. Hasil belajar PKn adalah perubahan yang terjadi pada siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran PKn. PKn adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk identitas yang memungkinkan individu-individu merasakan makna kepemilikan, hak dan kewajiban sosial dalam komunitas politik (negara). Dalam penelitian ini dibatasi pada materi organisasi pemerintahan tingkat pusat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Penelitian ini dilaksanakan di SD 5 Ngembelrejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Make A Match sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Uji validitas instrumen tes menggunakan validitas empiris dengan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas data menggunakan teknik K-R 20. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor rata-rata 2,88 dengan kriteria baik dan pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 3,32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,57 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 3,41 dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar PKn pada siklus I sebesar 70,76 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,07% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 80,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 80,76%. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
                    Uncontrolled Keywords: :Make A Match, Hasil Belajar PKn, Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 10:27
                    Last Modified: 10 Sep 2015 10:27
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4694

                    Actions (login required)

                    View Item