Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 02 Medini Undaan Kudus

AGUSTINA, RETNA (2015) Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 02 Medini Undaan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (488Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (209Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (400Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (682Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1506Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (323Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (119Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (120Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3288Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi, mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IV SD 02 Medini tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi melalui penerapan model Cooperative Script, dan mendeskripsikan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dengan menggunakan model Cooperative Script. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Kajian materinya adalah kegiatan ekonomi yaitu kegiatan yang dilakukan manusia untuk mendapatkan penghasilan. Cooperative Script adalah model pembelajaran yang menekankan pada tiga tahapan penting yaitu berpasangan, membuat ringkasan dan mengikhtiarkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas IV SD 02 Medini Undaan Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tes diuji validitasnya dengan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi masalah sosial yang signifikan yaitu pada ranah kognitif siklus I (60%) siklus II menjadi (90%), ranah afektif siklus I (68,25%) menjadi (85,06%) pada siklus II, ranah psikomotorik siklus I (66,29%) menjadi (87,94%) pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I (69,73%), siklus II (93,42%) serta aktivitas siswa siklus I (70,01%) menjadi (87,73%) pada siklus II dengan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas IV SD 02 Medini. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 02 Medini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas IV SD 02 Medini. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Script adalah dengan membangkitkan aktivitas siswa dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dra. SUMARWIYAH,M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: : Hasil Belajar IPS, Cooperative Script, Kegiatan Ekonomi.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 10:58
                    Last Modified: 10 Sep 2015 10:58
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4700

                    Actions (login required)

                    View Item