The Use Of Dialogue Journal In Teaching Writing Skill Of Descriptive Text At The Tenth Grade Students Of Sma 1 Mejobo Kudus In Academic Year 2014/2015

Nor Khumaeroh, Afriliani (2015) The Use Of Dialogue Journal In Teaching Writing Skill Of Descriptive Text At The Tenth Grade Students Of Sma 1 Mejobo Kudus In Academic Year 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (707kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (288kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (557kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (131kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah salah satu keterampilan penting bagi siswa di SMA.Para siswa mendapatkan kesulitan dalam menemukan dan mengatur ide-ide untuk memulai tulisan mereka. Mereka juga selalu menggunakan teknik dan strategi yang sama yang telah diajarkan guru mereka. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan strategi baru yaitu Percakapan Tenulis. Percakapan Tenulis adalah percakapan tertulis antara dua orang atau lebih dalam harian atau mingguan. Siswa dapat menulis sebanyak mungkin sesuai yang diinginkan dan guru dapat memberi komentar atas apa yang telah ditulis dan ditanyakan siswa, mengenalkan topik baruatau menjawab pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulissiswa kelas X SMA 1 Mejobo Kudus pada tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan Percakapan Tertulis. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen tanpa kelompok kontrol, tetapi eksperimen ini menggunakan satu kelompok yaitu untuk mengetahui sebelum dan sesudah menggunakan teknik Percakapan Tertulis. Karena jumlah populasinya sangat banyak, lebih dari 100, maka penulis memutuskan untuk menggunakan cluster random sampling untuk memilih sampel. Penulis mendapatkan kelas X-1 sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan oleh penulis adalah berupa tes terdiri dari pretes dan posttes untuk mengetahui data sebelum dan sesudah menggunakan Percakapan Tertulis. Dari hasil analisis rata-rata pretes adalah 70.62 dan rata-rata posttest adalah 78. Hal ini dapat disimpulkan bahwa t-pengamatan 3.8 pada tingkat signifikansi = 0,05dan derajat kebebasan (df) 33 yang diperoleh dari N-1, t-tabel 2,04. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha dikonfirmasi.Jadi, hipotesis menyatakan, "Ada perbedaan signifikan antara kemampuan menulis kelas sepuluh SMA 1 Mejono Kudus pada tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan Percakapan Tertulis dikonfirmasi. Dari kenyataan diatas, penulis memberikan saran kepada guru bahasa inggris untuk dapat mengambil keuntungan menggunaan strategi Percakapan Tertulis yaitu siswa-siswi dapat mengekspresikan ide-idenya dalam menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Muh Syafei, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Percakapan Tertulis, Kemampuan Menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 04:17
Last Modified: 10 Sep 2015 04:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item