MENINGKATKAN MORAL SISWA DALAM BERTINGKAH LAKU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA MTS NEGERI 1 KUDUS

NUR BAYA, YULI (2015) MENINGKATKAN MORAL SISWA DALAM BERTINGKAH LAKU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA MTS NEGERI 1 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian inibertujuan mendeskripsikan moral siswa dalam bertingkah laku sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VIII H di MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 dan diperolehnya peningkatan moral siswa dalam bertingkah laku melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VIII H di MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Moral siswa dalam bertingkah lakumerupakan perbuatan baik dan buruk manusia dalam bertindak atau beraktivitas secara langsung atau tidak langsung yang harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan dan konseling yangdi berikan pada siswa dengan model kelompok dimana disana membahas suatu topic yang sesuai dengan masalah yang mereka alami dengan melalui dinamika kelompok.Teknik sosiodrama adalah model pembelajaran bermain peran yang mendramatisi masalah sosial dengan memainkan peran sesuai dengan scenario yang ada. Hipotesis penelitian ini adalah “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dapat Meningkatkan Moral siswa dalam Bertingkah Laku pada Siswa Kelas VIII H MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini menggunakan PTKBK. Subjek yang diteliti dalam penelitian ada 8 siswa siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 6 materi dengan waktu 45 menit, dan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Sedangkan variabel terikat adalah Moral Siswa Dalam Bertingkah Laku.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian moral siswa dalam bertingkah laku pada pra siklus diperoleh 41% masuk kategori kurang (K), pada siklus I menjadi 54% masuk kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 78% masuk kategori baik (B). Jadi pra siklus, siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan 37%. Aktivitas peneliti pada saat memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Secara keseluruhan aktivitas peneliti pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 64 dengan presentase 64% masuk dalam kategoricukup, aktivitas peneliti pada siklus II memperoleh hasil rata-rata 78 dengan presentase 78% dalam kategori baik. Dan aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, secara keseluruhan pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 55 dengan presentase 55%masukdalam kategori cukup dan pada siklus II memperoleh hasil rata-rata 77 dengan presentase 77%dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan moral siswa dalam bertingkah laku pada siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasilpembahasan dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan moral siswa dalam bertingkah laku pada siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran kepada 1. Kepada Kepala Sekolah: Diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama agar layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan lancar. 2. Kepada Konselor Sekolah: Konselor sekolah perlu meningkatkan pelaksanaan progam bimbingan dan konseling. Hendaknya pemberian layanan disesuaikan dengan permasalahan yang ditemui pada siswa dan sebaiknya guru pembimbing menggunakan metode dab teknik yang lebih bervariasi pada saat melakukan bimbingan kelompok maupun konseling kelompok. 3. Kepada Siswa: Diharapkan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama siswa akan mendapat manfaat yang baik dalam kehidupan sehari-harinya khususnya yang berkaitan moral siswa dalam bertingkah laku. 4. Kepada Peneliti berikutnya: Diharapkan bagi para peneliti yang berkenan melanjutkan pengembangan pemberian tindakan dalam upaya meningkatkan moral siswa dalam bertingkah laku agar lebih selektif dan lebih sempurna untuk diberikan pada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra.Hj.Sutarti,SE,MM.
Uncontrolled Keywords: Moral Siswa dalam Bertingkah Laku, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 04:34
Last Modified: 10 Sep 2015 04:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item View Item