THE VOCABULARY MASTERY OF FIFTH GRADERS OF SDIT AL-AKHYAR BAE KUDUS INACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING “KATA-KATANYA” GAME

Anjumita Nawwar, Chalwa (2015) THE VOCABULARY MASTERY OF FIFTH GRADERS OF SDIT AL-AKHYAR BAE KUDUS INACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING “KATA-KATANYA” GAME. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (711kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (382kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (156kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (89kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (77kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Siswa membutuhkan kosakata yang mampu membantu mereka untuk menghasilkan dan menggunakan kalimat yang bermakna tetapi pada kenyataannya siswa sering lupa dengan kosakata dan arti dari kata itu sendiri. Berdasarkan observasi yang saya lakukan, salah satu factor yang menyebabkan masalah ini adalah guru hanya menekankan pada bagaimana siswa dapat menjawab pertanyaan dalam lembar kerja siswa dan menghafalkan kosakata. Berdasarkan situasi tersebut, saya memcoba menggunakan permainan kata-katanya sebagai alternative tehnik untuk pengajaran kosakata. Permainan kata-katanya adalah salah satu permainan dalam program TV “Celebrity Game Show” di RTV, permainan ini hampir sama dengan permainan tebak-tebakan tetapi pemain harus mengulang kata yang telah ditebak oleh pemain lainnya. Permainan ini dibuat untuk membuat siswa mengulang-ulang kosakata, jadi mereka tidak mudah lupa dengan kosakata yang telah dipelajari. Masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaaan yang signifikan pada penguasaan kosakata siswa kelas lima SDIT Al-Akhyar Bae Kudus pada tahun pelajaran 2014/2015 antara sesudah dan sebelum diajar menggunakan permainan kata-katanya. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah menentukan apakah terdapat perbedaaan yang signifikan pada penguasaan kosakata siswa kelas lima SDIT Al-Akhyar Bae Kudus pada tahun pelajaran 2014/2015 antara sesudah dan sebelum diajar menggunakan permainan kata-katanya. Saya melakukan sebuah penelitian experiment dengan menggunakan permainan kata-katanya sebagai tehnik dalam pengajaran vocabulary. Saya melakukan penelian experiment menggunakan satu grup pretest dan posttest. Jumlah sample adalah 21 siswa dari kelas V A. Saya menggunakan tes pilihan ganda untuk mendapatkan data penguasaan kosakata siswa kelas lima SDIT Al-Akhyar Bae Kudus pada tahun pelajaran 2014/2015 kemudian membandingkan antara data sebelum dan sesudah menggunakan permainan kata-katanya. Hasil pretest menunjukkan nilai tertinggi adalah 91, nilai terendah adalah 37 rata-rata pretest adalah 67.67 dan standar deviasinya adalah 12.43. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata kelas lima sebelum melakukan treatment dikategorikan “cukup”. Sedangkan, hasil posttest menunjukkan nilai tertinggi adalah 100, nilai terendah adalah 67, rata-rata posttest menghasilkan 83.62 dan standar deviasi adalah 9.44. Ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa kelas lima setelah treatment dikategorikan “baik”. Kedua rata-rata tersebut, rata-rata pretest dan posttest, kemudian dibandingkan menggunakan rumus t-test. Hasil dari t-observasi adalah 7.99. dibandingkan dengan t-tabel di level signifikan 5 % yaitu 2.09, nilai dari t-observasi lebih tinggi daripada t-table. Ini menunjukkan bahwa hipotesis null ditolak. Disisi lain, hipotesis alternatif diterima. Dari penuturan diatas, saya merekomendasikan beberapa saran. Pertama, guru Bahasa Inggris disarankan untuk menerapkan permainan yang menarik dalam pengajaran bahasa inggris, salah satu contohnya adalah permainan kata-katanya. Kedua, siswa sebaiknya serius dalam pengajaran bahasa inggris tanpa ada perasaan tertekan dan meningkatkan penguasaan kosakata tanpa berpikir bahwa bahasa inggris adalah pelajaran yang sulit.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: : Penguasaan kosakata, Bahasa Inggris, Permainan “kata-katanya”
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 05:12
Last Modified: 10 Sep 2015 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item