PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN EMOSI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) SISWA KELAS X PM 1 SMK NEGERI 1 KUDUS

WURDYANINGSIH , SRI (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN EMOSI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) SISWA KELAS X PM 1 SMK NEGERI 1 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (713Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (140Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (351Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (404Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (760Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (159Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (49Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (205Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2524Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan kemampuan manajemen emosi siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 kudus tahun pelajaran 2014/2015.upaya meningkatkan kemampuan manajemen emosi adalah suatu daya upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa baik secara individu maupun kelompok dapat mengatur dan menempatkan emosi yang dimilikinya secara tepat dan selaras (Golemen, 2007: 77). Teknik Role Playing adalah suatu jenis teknik simulasi yang umumnya digunakan untuk pendidikan social dan hubungan antar insane. Adapun rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain (Role Playing) dapat meningkatkan kemampuan manajemen emosi siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Kudus.” Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Kudus. Subyek penelitian siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Kudus yang berjumlah 8 siswa terdiri dari 2 laki-laki 6 perempuan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu: variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah layanan bimbingan kelompok. Variabel terikatnya adalah manajemen emosi teknik bermain peran (Role Playing) siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Kudus. Prosedur PTBK menggunakan siklus berkelanjutan yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, menghimpun dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran (role playing) dapat meningkatkan manajemen emosi siswa. Pada kondisi awal pra siklus hasil observasi mengenai manajemen emosi siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 32,75%. Pada siklus I manajemen emosi siswa mengalami kenaikan yaitu rata-rata persentase sebesar 75%. Pada siklus II mengalami kenaikan dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 82,75%. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas peneliti dan siswa menunjukkan peningkatan hasil mulai dari siklus I, dan siklus II. Aktivitas peneliti pada siklus I memperoleh hasil 57% (cukup) dan siklus II naik menjadi 85% (Sangat Baik). Sedangkan seluruh aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I memperoleh rata-rata 56,08% (cukup) siklus II naik menjadi 82,33% (Baik). Hasil observasi indikator peningkatan manajemen emosi siswa menunjukkan peningkatan yang berarti mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Indikator manajemen emosi siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Kudus pada pra siklus memperoleh 32,75%, pada siklus I 75% dan pada siklus II 82,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain (Role Playing) dapat meningkatkan kemampuan manajemen emosi siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada kepala sekolah, guru pembimbing agar memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran (Role Playing) karena dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan manajemen emosi siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Kudus.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Masturi,M.M
                    Uncontrolled Keywords: Manajemen Emosi, Layanan Bimbingan Kelompok, dan Teknik Bermain Peran (Role Playing)
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 12:15
                    Last Modified: 10 Sep 2015 12:15
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4715

                    Actions (login required)

                    View Item