Improving Students’ Speaking Skill By Using Stand-Up Comedy: A Classroom Action Research In The Eleventh Grade Of Sma N 1 Kayen, Pati In Academic Year 2014/2015

Elyasari, Titin (2015) Improving Students’ Speaking Skill By Using Stand-Up Comedy: A Classroom Action Research In The Eleventh Grade Of Sma N 1 Kayen, Pati In Academic Year 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (704Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (194Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (409Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (386Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (720Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (284Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (183Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (267Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2385Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai oleh para siswa adalah berbicara. Keterampilan ini termasuk dalam salah satu dari keterampilan produktif. Sebagai keterampilan produktif, berbicara dianggap sebagai salah satu keterampilan yang menantang dalam bahasa inggris. Fakta menunjukkan bahwa banyak kelas sebelas terutama kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kayen Pati yang masih mempunyai kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide mereka dikarenakan mereka masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan menyusun ide-ide menjadi paragraf yang baik secara oral. Maka dari itu penulis mengajukan tehnik Stand-up Comedi untuk mengatasi masalah para siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tehnik Stand-up Komedi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kayen Pati Tahun Ajaran 2014/2015, mendeskripsikan penerapan tehnik Stand-up Komedi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa and untuk mendeskripsikan respons siswa dalam pengajaran speaking. Penulis berharap bahwa tehnik ini dapat memotivasi siswa untuk belajar speaking, mereka bisa mengekpresikan pikiran mereka dalam bahasa inggris secara oral dan mereka juga bisa aktif di dalam kelas speaking. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Yang mana terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Stand-up Komedi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kayen Pati, dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini diselesaikan dalam 2 siklus. Sebagai tambahan, ada tiga instrumen berbeda yang di gunakan untuk mengumpulkan data. Instrumen yang pertama adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, sedangkan instrumen yang kedua adalah tes oral yang digunakan untuk menghitung kemampuan berbicara para siswa. Dan instrumen yang terahir adalah daftar pertanyaan untuk mengetahui respon siswa dalam pengajaran speaking menggunakan tehnik stand-up komedi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, nilai rata-rata siswa meningkat dari 70 di siklus 1 yang kemudian diubah menjadi persentase sebesar 70% menjadi 77,3, yang diubah menjadi persentase sebesar 77,3 %. Kategori nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah cukup, sedangkan kategori nilai rata-rata pada siklus 2 adalah baik. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tehnik Stand-up Komedi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kayen Pati tahun ajaran 2014/ 2015. Berdasarkan fakta-fakta di atas, saya memberikan saran kepada guru untuk menerapkan tehnik Stand-up Komedi untuk mengatasi masalah para siswa. Sehinngga siswa dapat menerapkan tehnik ini sebagai tehnik pembelajaran dalam memotivasi siswa untuk belajar speaking, mereka bisa mengekpresikan ide-ide, dalam bahasa inggris secara oral dan mereka juga bisa aktif di dalam kelas speaking.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Rismiyanto, SS, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Teknik Stand-up Komedi, Teknik Pembelajaran, Kemampuan Berbicara, Penelitian Tindakan Kelas
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 13:21
                    Last Modified: 10 Sep 2015 13:21
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4717

                    Actions (login required)

                    View Item